Minggu, 26 Februari 2017

21 TANAMAN HIAS INDOOR YANG COCOK UNTUK RUANGAN ANDA

Tanaman hias atau yang lebih identik disebut dengan bunga selain memberikan keindahan juga berkontribusi terhadap kesehatan. Untuk memenuhi faktor keindahan pemilihan jenis tanaman hias merupakan hal penting dalam penyesuaian dengan ruangan.
Ada banyak jenis tanaman hias, untuk jenis tanaman hias indoor biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada tanaman hias untuk outdoor. Dalam postingan kali ini kami akan memberikan 21 piihan jenis tanaman hias baik tanaman hias bunga maupun tanaman hias daun yang dapat anda pilih untuk mempercantik ruangan anda.
Berikut 21 tanaman hias indoor yang cocok untuk ruangan anda:

Aglaonema

Beberapa tahun yang lalu jenis Aglonema menjadi tanaman termahal dan hingga kini masih banyak orang yang jatuh hati pada jenis tanaman hias yang satu ini. Keungulan tanaman hias Aglonema akan tetap segar meskipun berada pada ruangan yang minim cahaya. Untuk penempatan dalam ruangan anda dapat menempatkan tanaman ini dalam pot atau media lanskap. Keindahan memukau dari aglonema terletak pada warna daun yang menawan dan beragam seperti warna merah, pink, hijau juga putih.

Dieffenbachia

Dieffenbachia atau sri rejeki merupakan tanaman hias jenis daun dengan corak hijau, kuning serta terdapat spesies yang memiliki warna hijau dengan bercak putih. Pengembang biiakan tanaman ini cukup mudah, caranya dengan menyetek batangnya. Jika anda ingin menjadikannya sebagai tanaman hias indoor sebaiknya menjauhkannya dari jangkauan anak - anak karena jenis tanaman hias ini memiliki getah yang gatal.

Anthurium

Anturium adalah jenis tanaman hias daun dengan ukuran daun lebar, tanaman hias ini sempat menjadi tren untuk tanaman hias indoor. Terdapat banyak jenis tanaman hias daun anthurium contohnya crystallium. Dengan daun berbentuk hati, tanaman ini telah menjadi tanaman hias yang cukup lama diminati. Media tanamnya sama dengan aglaoneme, tanaman ini suka dengan pasir dan humus. Tanaman ini tidak suka dengan cahaya sinar matahari langsung dan lebih suka berada pada lingkungan lembab.

Daun Suji

Tanaman ini memiliki batang yang langsing kurus dan panjang dengan daun kecil memanjang. Jenis ini merupakan keluarga agavaceae. Untuk cara pengembangbiakannya dengan stek batang. Bunga Suji dapat ditanam dengan media pot sehingga cocok untuk di tempatkan didalam ruangan.   

Calathea

Warna daun belang-belang akan menghias ruangan anda, inilah yang ditawarkan dari tanaman hias Calathea. Beberapa jenis bunga Calathea yang menjadi favorit adalah calathea lutea, violacea, dan lainnya. Tetapi yang paling disukai oleh banyak orang adalah jenis bunga calathea makoyama, saat melihat bunga ini orang akan mengingat akan bulu merak karena terdapat garis-garis pada daunnya. 

Palem Kuning 

Palem Kuning disukai banyak orang. Palem jenis ini mampu bertahan sekitar 1 minggu didalam ruangan sehingga jenis tanaman ini akan sangat cocok untuk menghiasi ruangan anda. Tanaman palem sangat cocok di iklim tropis dan subtropis. Yang unik dari tanaman ini mampu ditanam ditempat teduh maupun dibawah sinar matahari langsung.   

Spider Plant 

Pilihan selanjutnya adalah tanaman hias Spider Plant. Tanaman ini berasal dari daerah Afrika kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia,  tanaman ini dapat digunakan sebagai pembersih udara di ruangan karena dapat ditanam pada media pot.

Gerber Daisy 

Keindahan dari tanaman Gerber Daisy sudah tidak diragukan lagu untuk jenis tanaman hias indoor. Di Indonesia tanaman hias ini dikenal dengan sebutan Herbras. Tanaman ini mempunyai bunga yang cukup indah. Keindahan dari bunga Gerber Daisy sangat memukau sehingga sering digunakan sebagai potongan bunga bersama mawar, seruni serta tulip. Rasanya bunga ini akan disayangkan jika dilewatkan karena tanaman hias jenis ini dapat ditanam pada media pot. 

Dragon Tree 

Dragon Tree banyak diminati oleh banyak orang. Dragon Tree merupakan tanaman keluarga Asparagaceae. Awal mulnya tanaman ini dari Madagaskar dan merupakan tumbuhan semak. Tanaman ini akan membuat ruangan anda lebih indah dan terkesan sejuk. 

Monstera 

Monstera mampu bertahan sekiatar 1 minggu di dalam ruangan minim cahaya, jenis tanaman hias ini suka tumbuh di tempat yang subur. Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun hijau tua, mengkilap, dan lebar. Jika anda menanam tanaman ini di dalam pot daunnya hingga selebar telapak tangan orang dewasa. 

Krisan

Bunga Krisan yang biasa dikenal dengan nama bunga seruni memiiki warna indah dan warna-warni. Jika tumbuh di dalam pot tanaman ini mampu tumbuh hingga 90 cm. 

Bunga Azalea 

Bunga Azalea adalah jenis tanaman semak yang mampu menyerap polutan  formaldehida. Di Indonesia memiliki beberapa spesies asli R. Bunga Azalea merupakan tanaman hias asli Eropa dan Asia Barat. Tanaman ini mampu membersihkan udara dari partikel pengotor udara. 

Palem Bambu

Selain Palem Kuning, pertimbangkan pula Palem Bambu karena tanaman ini dapat ditanam pada media pot dan memiliki kemampuan menyerap polutan dan gas beracun dalam ruangan.

Anggrek

Tanaman Anggrek memiliki reputasi yang tergolong sulit untuk masalah perawatannya,  namun jika anda benar-benar merawatnya dengan maksimal tanaman ini akan baik untuk ruangan anda karena mampu membersihkan udara dimalam hari. Tidak seperti beberapa tanaman lain, Anggrek juga bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari sehingga akan sangat baik untuk kamar anda. 

Palem Zamia

Tanaman Palem Zamia atau Arecaceae Palmae, sangat populer dan sangat mudah untuk dipelihara. Tanaman ini akan membantu anda membersihkan udara di rumah anda. 

Lili Paris

Tanaman hias Lili Paris merupakan jenis tanaman hias yang indah dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk indoor. Bentuknya yang menarik dengan bunga putih membuat tanaman hias ini terlihat semakin indah. Tanaman Lili Paris masuk dalam jenis tanaman semak yang biasanya digunakan untuk border, maupun listing, namun tanaman hias ini juga akan cocok menghiasi ruangan anda. Lili Paris adalah tanaman yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman Lili Paris juga akan cocok di gunakan sebagai tanaman hias gantung. 

Pakis Gunung

Tanaman Pakis Gunung memiliki reputasi yang baik,  namun sayangnya tidak banyak orang menyadari akan keindahannya. Tanaman pakis telah bertahan sejak jaman prasejarah. Tanaman ini memiliki bulu halus dengan daun besar yang akan membantu membersihkan udara dari polutan. Tidak salah jika anda menjadikan tanaman hias pakis sebagai tanaman hias dalam ruangan atau Indoor rumah anda. 

Schefflera

Tanaman ini adalah tanaman tropis yang biasanya di tempatkan dalam ruangan. Jenis ini banyak dijual dengan berbagai varietas. Tanaman Schefflera bahkan banyak di jadikan sebagai tanaman bonsai. Tanaman ini relative mudah dalam perawatannya. Terdapat 2 varietas Schefflera yaitu Arboricola dan Actinophylla dan masing masing memiliki keunikan tersendiri. 

Philodendrons

Philodendrons adalah tanaman hias mudah perawatan karena hanya perlu sedikit perawatan. Warna-warna unik dari tanaman ini membuatnya semakin unik dan menarik. 

Peace Lily 

Tanaman hias ini cukup cantik dengan warna daun hijau tua mengkilat dan bunganya dapat mekar meskipun di dalam ruangan. Bentuk dari tanaman ini sangat menarik sehingga banyak orang yang menyukai tanaman jenis ini. Selain cantik tanaman Peace Lily sangat baik dalam menghilangkan bahan kimia yang ada di dalam ruangan sehingga akan cocok di tempatkan di salah satu ruangan rumah anda.

Pakis Boston

Pakis Boston ( Nephrolepis exaltata ) adalah tanaman hias yang terkenal dan mudah dalam perawatannya. Belajar bagaimana merawat pakis Boston tidak sulit meskipun demikian tanaman ini sedikit memerlukan perawatan khusus.

Demikian beberapa pilihan tanaman hias indoor yang dapat anda jadikan pilihan untuk menghias rungan anda. Selain dapat memperindah dan menyejukkan ruangan, tanaman hias bermanfaat untuk kesehatan karena beberapa jenis tanaman hias mampu menyerap gas beracun dan polutan.

8 komentar: