Sabtu, 25 Februari 2017

CARA MENANAM BUNGA KEMBANG SEPATU


Cara menanam bunga kembang sepatu-Siapa yang tidak tahu "kembang sepatu". Bagi pecinta tanaman hias pasti tidak asing dengan nama bunga ini. Bahkan karena keindahannya, bunga ini sampai dijadikan sebagai simbol bunga nasional di negara Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Dengan beragam warna indah yang dimiliki mulai dari mearah tua, kuning cerah, ungu, orange, pink, dan putih membuat banyak orang ingin memetiknya.
       
Di masing-masing daerah bunga ini memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti di jawa tengah (worawari), di aceh (bungong roja), di sunda (kembang wera), di gorontalo (ulange), di madura (bunga rebong)  dan masih banyak lagi. Bunga ini disebut  juga Bunga Raya. 
"Kembang sepatu" adalah tanaman semak (malvaceae) yang masuk dalam suku kapas-kapasan. Tanaman ini berasal dari Asia Timur dengan tinggi bisa sampai 5 meter. Terdiri dari 5 helai daun kelopak dan 5 mahkota atau lebih jika hibrida. Di daerah tropis "kembang sepatu" bisa berbunga sepanjang tahun. Untuk di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Berikut klasifikasi ilmiah bunga sepatu : 
Nah di bawah ini klasifikasi kembang sepatu/ bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) Kingdom : Plantae Superdivisi : Spermatophyta Divisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Malvales Famili : Malvaceae Genus : Hibiscus Spesies : Hibiscus rosa-sinensis L.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Nah di bawah ini klasifikasi kembang sepatu/ bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) Kingdom : Plantae Superdivisi : Spermatophyta Divisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Malvales Famili : Malvaceae Genus : Hibiscus Spesies : Hibiscus rosa-sinensis L.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
  • Kingdom : Plantae
  • Superdivisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Malvales
  • Famili : Malvaceae
  • Genus : Hibiscus
  • Spesies : Hibiscus rosa-sinensis L
Nah di bawah ini klasifikasi kembang sepatu/ bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) Kingdom : Plantae Superdivisi : Spermatophyta Divisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Malvales Famili : Malvaceae Genus : Hibiscus Spesies : Hibiscus rosa-sinensis L.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
                        
                                                                                                                                                                        
CARA MENANAM BUNGA KEMBANG SEPATU

Bagi kalian pecinta tanaman hias maka tidak salah jika telah memilih "kembang sepatu" sebagai koleksi di taman / pekarangan anda. Tanaman ini bisa hidup sampai 40 tahun. Perawatannya yang tidak terlalu rumit membuat banyak orang ingin menanamnya. Kita hanya perlu rutin menyiramnya saja agar tanah di sekelilingnya tetap terjaga kelembabannya.                                                        
Nah berikut ini adalah cara untuk menanam kembang sepatu di taman / pekarangan :
 
 1. PEMILIHAN BIBIT 
  • stek batang ;  Dengan cara ini anda bisa langsung menancapkan batang yang sudah tua ke dalam tanah. 
  • cangkok ; Jika anda memilih cara ini usahakan cari batang yang lurus dengan diameter +/- 5 cm. Kupas kulitnya dan kerik sampai lendirnya habis. Lalu bungkus sayatan dengan tanah dan plastik, basahi sedikit saja setelah itu ikat kedua ujungnya dengan kuat. Biarkan sampai keluar akarnya. 
 
 2. PENANAMAN   
  • stek batang ; siapkan batang "kembang sepatu" yang sudah tua. Setelah itu tancapkan tegak lurus ke atas dengan kedalaman 20-30 cm dan padatkan tanah di sekelilingnya.
  • cangkok ; buat lubang tanam di pekarangan dengan cara menggali tanah sedalam 20-30 cm. Campur bekas galian tanah tadi dengan pupuk kandang / kompos dengan perbandingan 1 : 1. Lalu masukan bibit cangkokan yang sudah keluar akarnya kedalam lubang tanam beserta tanah cangkokannya. Terakhir timbun dengan tanah olahan tadi, padatkan dan sirami dengan air agar tanah tetap terjaga kelembabannya.  
Pada musim kemarau "kembang sepatu" membutuhkan banyak air untuk menjaga kelembaban. Begitu juga pada musim penghujan tanaman ini tetap perlu disiram, namun tidak sesering pada musim kemarau. Jika anda mendapati tanah pada tanaman terlihat basah maka tidak perlu disiram. Karena kita menyiram ketika kadar air pada tanah terlihat berkurang.


MANFAAT BUNGA KEMBANG SEPATU 
 

Tahukah teman-teman semua, dibalik keindahannya ternyata tanaman "kembang sepatu" menyimpan banyak manfaat. Dan banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Hampir semua bagiannya mulai dari bunga, daun, dan akarnya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.



 Berikut manfaat dari tanaman bunga kembang sepatu :  

  • Menurunkan tekanan darah dan kolestrol. Air rebusan daun kembang sepatu bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh.
  •  Obat Gonorrhea. Bunga dan daun bunga sepatu bisa digunakan untuk penyembuhan sakit Gonorrhe atau kencing nanah. Cuci bersih bunga/daun kembang sepatu, kemudian rebus selama 15 menit. Setelah dingin di diamkan sehari ,esok harinya baru di minum.  
  • Obat Sulit Kencing. Rebusan bunga sepatu bisa dipakai untuk menyembuhkan sulit kencing (buang air kecil). 
  • Cegah Penyakit Keputihan atau Menstruasi. Rebusan daun bunga sepatu atau teh bunga sepatu bisa digunakan untuk mencegah PMS (premenstrual syndrome). Teh bunga sepatu bisa mengurangi stres karena tubuh semakin relaks dan menambah energi. Air rebusan bisa dipakai sebagai obat dengan cara diminum. 
  • Turunkan berat badan. Kandungan rendah kalori dan serat yang tinggi. Efektif untuk menurunkan berat badan. Air rebusan daun bunga sepatu bisa diminum secara rutin.   
  • Jaga Kesehatan Kulit. Remas daun-daun dan tempelkan di bagian tubuh. Kandungan minyak dalam daun bunga sepatu dapat digunakan untuk membersihkan wajah, mengangkat sel-sel mati, dan menghaluskan kulit. Minyak/lendir yang ada dalam daun kembang sepatu mengandung inflamasi atasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Bisa diminum airnya, atau digunakan sebagai bahan masker untuk kulit wajah.  
  • Obat Sariawan. Daun bunga sepatu dapat digunakan untuk obat sariawan. Rebus daun bunga sepatu,lalu airnya diminum sebagian untuk berkumur.  
  • Proteksi Terhadap Infeksi. Daun kembang sepatu kaya Vitamin C, mineral, serta antioksidan. Nutrisi tersebut juga bisa membuat perlindungan tubuh dari infeksi saluran pernapasan, asma, bronkhitis, dan batuk. 
  •  Obat Demam. Bunga Sepatu mengandung antioksidan yang bermanfaat menangkal semua radikal bebas penyebab dari berbagai macam penyakit. Daun bunga sepatu biasa untuk menurunkan obat demam. Caranya dengan merebus daun bunga sepatu.  Air rebusannya untuk diminum. Sementara airnya juga bisa dipakai sebagai kompres. Air rebusan daun kembang sepatu efektif untuk menurunkan panas.    
Di Tiongkok (China), bunga sepatu digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Di Okinawa-Jepang, bunga sepatu digunakan sebagai tanaman pagar dan tanaman yang sengaja ditanam di kuburan. Di daerah timur tengah trutama di Mesir, "kembang sepatu" digunakan untuk membantu mempertahankan suhu tubuh normal, mendukung kesehatan jantung, dan mendorong keseimbangan cairan. Afrika Utara telah menggunakan "kembang sepatu" secara internal untuk mendukung kesehatan pernapasan. Di Eropa, "kembang sepatu" telah digunakan untuk mendukung kesehatan pernapasan bagian atas, meringankan sembelit sesekali, dan meningkatkan sirkulasi yang tepat. Di Kepulauan Pasifik, bunga "kembang sepatu" dimakan setelah diolah menjadi salad. Di zaman dahulu, tanaman ini digunakan sebagai indikator pH. Pada larutan asam, bunga sepatu merah berubah warna menjadi pink gelap atau warna magenta. Demikian tulisan yang saya buat semoga menjadikan kita lebih arif melihat alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar