Sabtu, 25 Februari 2017

MANFAAT TANAMAN SIDAGURI UNTUK KESEHATAN

 TANAMAN OBAT SIDAGURI  

Manfaat tanaman Sidaguri untuk kesehatan-Ciri tanaman ini adalah tinggi bisa sampai 2 M, batang bercabang, banyak bulu-bulu kecil yang rapat tumbuh di batang dan daun. Memiliki Warna putih-hijau. Mempunyai Daunnya tunggal, letaknya berseling, tepinya bergerigi, ujungnya runcing dengan bulu yang rapat, dengan pertulangan menyirip. Bagian bawah daun tumbuh bulu pendek dengan warna abu-abu, dan berukuran 1-4 cm x 1-1,5 cm. Model bunga termasuk tunggal, warnanya kuning cerah. Benang sari tumbuh bersamaan membentuk tabung dari dasar bunga. Mahkota bunga hijau, ujungnya melengkung. Bunga tumbuh dari ketiak daun, mekar sekitar pukul 12 siang, dan layu tiga jam kemudian. Buah sidaguri mengandung ruang / kendaga 8-10 buah, dan memiliki diameter 6-7 mm dan sewaktu sudah tua berwarna hitam. Akarnya Berwarna putih.

Berikut klasifikasi ilmiah tanaman sidaguri,
Kerajaan : Plantae
Ordo : Malvales
Famili : Malvaceae
Genus : Sida
Spesies : S. rhombifolia


KANDUNGAN ZAT YANG ADA DI DALAM SIDAGURI

  • Daun sidaguri memeliki kandungan alkaloid, kalsium oksalat, tannin,  saponin, fenol, asam amino serta terdapat kandungan minyak atsiri. yang dapat di manfaat untuk membantu pengobatan herbal. 
  • Batang tanaman sidaguri memiliki kandungan kalsium oksalat serta terdapat kandungan tannin. Dapat di manfaatkan untuk mengobati bebagai macam penyakit secara herbal. 
  • Akar tanaman sidaguri terdapat kandungan alkaloid, kandungan steroid serta kandungan ephedrine. 
   

CARA MENANAM SIDAGURI DALAM POT 
  

Tanaman sidaguri hidup liar di alam,banyak kita jumpai di tepi sungai dan di kebun. Maka tidak terlalu sulit bagi kita yang ingin menanamnya didalam pot. Umumnya budidaya sidaguri yang biasa dilakukan adalah dengan cara  stek batang.
Berikut cara menanam sidaguri di pot :
1. siapkan pot ukuran sedang saja
2. siapkan media tanam ; tanah, pasir, pupuk kandang ataupun kompos. Setelah itu campur semua bahan tadi masing-masing 1 / 3 bagian.
3. massukan bibit stek batang sidaguri di dalam pot dan taburkan media yang sudah dicampurkan tadi ke dalam pot. Padatkan media di sekelilingnya.
4. untuk perawatan, siram tanaman sidaguri seperlunya saja. Tanaman ini cendrung suka dengan cuaca panas.
 

 MANFAAT TANAMAN SIDAGURI UNTUK KESEHATAN 

Dalam dunia pengobatan banyak tumbuhan herbal yang dapat di gunakan dalam pengobatan secara tradisional. Salah satunya adalah tumbuhan yang di sebut dengan sidaguri terdapat kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan dan khasiat tanaman ini juga di kenal luar biasa.
   
Berikut manfaat tanaman sidaguri untuk kesehatan : 


1. Sidaguri untuk obat Rhematik  
Gunakan Seluruh bagian tumbuhan daun batang termasuk akar sebanyak 60 gr yang sudah dikeringkan, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan air secukupnya sampai mendidih dan kemudian diminum secara teratur 2 hari 1 kali pagi dan sore hari menjelang istirahat.

2. Sidaguri untuk Mengobati Asam urat tinggi  
Gunakan 5 batang akar sidaguri lalu di cuci hingga bersih, kemudian dipotong kecil-kecil dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, tuangkan kedalam cangkir lalu di tutup sampai 1 malam, kemudian diminum besoknya sebelum sarapan dan sore hari sebelum diminum hangatkan terlebih dahulu.

3. Sidaguri Atasi Cacingan 
Daun 1/5 genggam dicuci dan digiling halus, tambah 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam, peras dan minum 2x sehari, Lakukan selama 4 hari.

4. Sidaguri atasi Sakit gigi
Ambil secukupnya Akar sidaguri, dicuci hingga bersih dan dikunyah dan jika gigi tidak kuat untuk mengunyah dapat ditumbuk dan diambil sarinya untuk kumur-kumur.

5. Sidaguri untuk Mengobati sengatan lebah 
Ambil semua bagian tumbuhan sidaguri baik daun, batang maupun akar lalu lumatkan dan digosokan di bagian yang disengat lebah.

6. Sidaguri untuk sembuhkan Asma  
Gunakan Akar tumbuhan sidaguri 60 gr lalu di cuci bersih dan ditambah 30 gr gula pasir, kemudian di rebus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas dan airnya diminum lalukan setiap hari hingga terasa khasiatnya
Demikian artikel yang bisa saya tulis semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar