Sabtu, 25 Februari 2017

21 CONTOH TANAMAN HIAS BUNGA YANG COCOK UNTUK TAMAN PEKARANGAN KITA

21 Contoh tanaman hias bunga yang cocok untuk taman pekarangan kita - Pada umumnya semua tanaman yang berbunga bisa disebut tanaman hias. Hanya saja dari masing-masing tanaman tersebut memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda-beda hingga membuat semua orang menyukainya. Ada banyak contoh tanaman hias yang cocok untuk taman rumah kita. Namun kali ini saya akan memberikan pada anda contoh tanaman hias bunga yang cocok untuk taman rumah kita.

Berikut 21 contoh tanaman hias bunga yang cocok untuk taman pekarangan kita ;


Bunga Tulip

Tulip ( Tulipa ) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepadi Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki. Bunga ini memiliki variasi warna yang sangat indah dan memiliki bentuk bunga khas. Rangkaian bunga tulip dapat membuat suasana taman anda menjadi lebih istimewa dan terlihat elegan dan eksotik.


Bunga Mawar

Mawar memiliki banyak variasi warna, dengan kelopaknya yang banyak dan wanginya yang semerbak akan membuat suasana taman anda menjadi lebih indah dan istimewa. Dengan banyak pilihan warna tersebut bunga mawar identik dengan bunga yang memilik makna atau arti sesuai warnanya. Seperti mawar merah identik dengan cinta atau kasih sayang, mawar putih identik dengan kemurnian hati, mawar kuning identik dengan keceriaan, mawar hitam identik dengan kebencian.


Bunga Dahlia

Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan ( perenial ), berbunga di musim panas sampai musim gugur. Dahlia adalah bunga nasional negara Mexico yang juga merupakan negara asal bunga ini. Bunga ini memiliki banyak spesies, dan berukuran kecil hingga besar mulai dari 5 cm hingga 15 cm, serta memiliki variasi warna yang akan memperindah taman anda.


Bunga Anyelir

Anyelir, atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga ini mirip dengan bunga mawar yang berwarna merah, pink, putih dan kuning, sehingga dapat mempercantik suasana taman anda.


Bunga Kamboja

Bunga Kamboja ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis yang bernama Charles Plumier, karena itulah bunga kamboja mempunyai nama Latin Plumeria. Bunga kamboja dulu hanya kita jumpai di tempat-tempat yang berbau religi seperti pemakaman dan tempat-tempat lain, namun kini hal itu sudah berubah. Bunga ini tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja sebab bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico.


Bunga Anggrek

Anggrek merupakan salah satu bunga terindah yang memiliki banyak spesies dengan bentuk yang sangat unik dan warna yang bervariasi, sehingga dapat menghias taman anda menjadi lebih indah. Di Indonesia anggrek bulan sangat populer terutama dikalangan kaum hawa. Oleh karena itulah banyak yang menjadikan bunga anggrek sebagai hadiah untuk menunjukan rasa kasih terhadap pasangan kita. Banyaknya minat terhadap bunga anggrek membuat sebagian orang membudidayakan tanaman ini.


Bunga Boegenville

Boegenville disebut juga bunga kertas. Tanaman bunga ini memiliki banyak warna, sehingga sangat cocok menghiasi kanopi rumah anda agar terlihat lebih indah. Bugenvil merupakan tanaman hias populer. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya.


Bunga Matahari

Bunga Matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, dominan dengan warna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar. Bunga ini sangat cocok ditanam di halaman rumah anda, sehingga membuat rumah anda menjadi lebih eksotik yang bisa mengalihkan perhatian orang yang melewati rumah anda.


Bunga Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun. Nama ilmiah melati adalah Jasminum. Bunga melati sangat cocok menghias taman dan pagar di halaman anda, dengan warnanya yang putih dapat membuat rumah anda menjadi lebih cantik.


Bunga Air Mata Pengantin

Air mata pengantin ( Antigonon ) adalah tumbuhan memanjat ( Liana ) anggota suku Polygonaceae yang berasal dari Amerika Tengah. Tumbuhan ini adalah penghias taman yang populer. Pada masa koloni Belanda bunga air mata pengantin menjadi penghias taman dan pekarangan. Tumbuhan ini dapat dengan cepat tumbuh dan menjadi gulma. Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan beberapa sebutan diantaranya adalah Coral vine, Coralina, dan Bellisima grande. Di Indonesia disebut sebagai bunga air mata pengantin atau bunga pengantin.


Bunga Allamanda

Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai bunga alamanda dan juga sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Bunga alamanda berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan dan banyak ditemukan di Brazil dimana bunga ini biasa digunakan sebagai hiasan karena bentuknya yang indah.


Bunga Kemuning

Kemuning adalah tanaman hias yang menghasilkan wangi yang tajam terutama pada malam hari. Bunga Kemuning ( Murraya paniculata ) merupakan tiruan bunga melati yang tidak sekedar wangi. Bunganya termasuk bunga tunggal atau majemuk tandan semu, setiap tandan berjumlah 8 bunga. warnanya putih, wangi, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Daun mahkota bunga berwarna putih. Buah kemuning berdaging berbentuk bulat telur atau lonjong, panjang 8 - 12 mm, dengan pangkal dan ujungnya lancip buah masih muda hijau setelah tua merah mengilap dan berbiji dua.

Bunga Asoka 

Asoka adalah tanaman yang dianggap suci oleh agama Hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian. Kata Asoka sudah sering kita dengar. Kata ini berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti bebas dari kesedihan ( soka berarti sedih, a berarti tanpa ). Konon kabarnya, tokoh yang menyebarkan agama Buddha lahir persis di bawah tanaman bunga Asoka ini.


Bunga Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Siapa yang tidak tahu kembang sepatu. Bagi pecinta tanaman hias pasti tidak asing dengan nama bunga ini. Bahkan karena keindahannya, bunga ini sampai dijadikan sebagai simbol bunga nasional oleh negara Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Dengan beragam warna indah yang dimiliki membuat banyak orang ingin memetiknya. 

Bunga Geranium 

Geranium adalah salah satu dari sekelompok sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini berasal dari Afrika Selatan. Warna bunga Geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Bau dari bunga geranium dapat mengusir nyamuk dan serangga.


 Bunga Amarilis 

Amarylis atau disebut juga bunga Lily memiliki bentuk mahkota bunga yang mirip terompet.
Amarylis bukanlah bunga asli Indonesia. Menurut berbagai sumber, asal bunga ini adalah dari Amerika Selatan dan Afrika. Argentina dan Brazil disinyalir menjadi daerah asal bunga cantik ini.
Bunga ini dikenal dengan nama Latin Hippeastrum, nama familinya Amaryllidaceae. Nama Hippeastrum lebih dikenal di luar negeri, sedangkan di Indonesia lebih familier bunga Amarilis atau bunga Lily.

Bunga Lisianthus

Lisianthus merupakan tanaman semi  berkayu yang berasal dari wilayah padang luas yang membentang dari Colorado hingga Nebraska, kemudian meluas ke bawah hingga Texas. Bunga  lisianthus memiliki bentuk yang elegan dan sering kali keliru dianggap sebagai mawar. Asal-usul genus Eustoma ini adalah dari bagian barat Amerika Serikat yaitu daerah pegunungan dengan wilayah padang yang luas.

Bunga Gardenia 

Bunga Gardenia sering disebut bunga kaca piring. Bunga ini merupakan komoditas bunga potong, yang sering digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Daunnya bisa digunakan sebagai obat sariawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi. Buah mengandung crocin ( jenis karotenoida ), yang berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada safron. Buah yang kering merupakan bahan pewarna. Di Jepang, bahan pewarna dari Kacapiring digunakan untuk pencelupan tekstil dan pewarna kue tradisional ( wagashi ) dan asinan lobak ( takuan ).


Bunga Lilin

Bunga Lilin atau Bunga Lolipop ( Pachystachys lutea ) merupakan tanaman bunga yang berasal dari Peru dan sangat rajin berbunga. Kuntum atau kelopak bunga terlihat seperti permen lolipop berwarna kuning. Bunga lilin merupakan tanaman hias yang juga dapat dijadikan sebagai tanaman obat. Tanaman semak menahun ini dapat tumbuh sampai 1 m dan menyukai tanah yang gembur dan subur di bawah sinar matahari. Tumbuh baik pada ketinggian 10-1500 meter diatas permukaan laut.

Bunga Fuchsia

Fuchsia sering disebut dengan bunga anting-anting. Di Indonesia, jika kita menyebut nama bunga fuchsia, mungkin tidak banyak yang tahu. Masyarakat kita lebih mengenal bunga cantik ini dengan bunga anting-anting. Penyebutan ini tidak lepas dari posisi bunganya yang menggantung dari dahannya, mirip dengan anting-anting. Fuchsia termasuk tanaman perdu (semak). Layaknya tanaman tropis pada umumnya, bunga ini juga dapat terus berbunga sepanjang tahun (evergreen).


Bunga Azalea 

Azalea sebenarnya bukanlah termasuk bunga yang mewah, karenanya Azalea memiliki makna kesederhanaan dalam sifatnya. Pada habitat liar Azalea biasa tumbuh di hutan, di bukit-bukit, bahkan di rawa berlumpur, sehingga tanpa perlakukan khusus pun bunga tetap bisa tumbuh dan bertahan hidup hingga waktunya musim semi tiba memekarkan keindahan warna bunganya yang bermacam rupa. 


Itulah tadi 21 contoh tanaman hias bunga yang cocok untuk taman pekarangan kita. Sebenarnya masih ada banyak tanaman hias bunga lain, namun kami hanya memberikan contoh tanaman hias bunga berdasarkan banyaknya orang yang menyukai tanaman bunga tersebut.

1 komentar: