Sabtu, 25 Februari 2017

TANAMAN HIAS HIDROPONIK BUNGA MAWAR

Cara budidaya tanaman hias bunga mawar secara hidroponik- Mawar merupakan tanaman hias yang banyak disukai orang. Karena selain cantik dan indah, bunga ini sering kali digunakan untuk melambangkan perasaan seseorang. Seperti mawar merah untuk melambangkan rasa cinta seseorang. Biasanya orang-orang akan membeli bunga mawar ini di toko bunga yang sudah di kemas menggunakan plastik hias.
Bunga mawar pada umumnya ditanam menggunakan media tanah. Namun pernahkah anda berfikir untuk mencoba menanam bunga mawar secara hidroponik? Pasti banyak yang belum tahu jika ternyata tanaman ini bisa dibudidayakan secara hidroponik. Tentu saja akan sangat menyenangkan, karena selain dapat dipetik untuk diberikan kepada seseorang, tanaman hias ini juga akan memperindah rumah kita. 

Banyak orang yang ingin menanam bunga mawar namun pada akhirnya urung dilakukakan. Hal ini karena banyak dari mereka yang tidak memiliki lahan yang cukup. Sebenarnya untuk membudidayakan tanaman hias bunga mawar, kita tidak harus memiliki lahan yang luas. Karena kita dapat melakukan budidaya tanaman hias bunga mawar secara hidroponik.

Hidroponik sendiri adalah metode penanaman tumbuhan yang menggunakan unsur air sebagai media tanam utama dan pengganti media tanam unsur hara.

 
Lalu bagaimanakah cara budidaya tanaman hias bunga mawar secara hidroponik ini? Apakah perawatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan banyak dan ribet? Untuk kejelasannya, mari kita simak ulasan cara budidaya bunga mawar secara hidroponik berikut ini :

  • Persiapan
Sebelum melakukan budidaya tanaman hias bunga mawar secara hidroponik, terlebih dahulu kita harus menyiapkan media tanam dan tanaman bunga mawar yang akan ditanam.

Media tanam yang dibutuhkan yaitu pot plastik, serpihan genting atau batu kecil-kecil dan arang. Pemilihan pot plastik ini bertujuan agar pot tidak berkarat layaknya pot logam yang teredam air dan terkena sinar matahari secara terus menerus.

Anda juga membutuhkan nutrisi tanaman hias mawar yang berupa nutrisi AB mix, dapatkan nutrisi ini di toko pertanian.

  • Penanaman 
Langkah berikutnya untuk budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik adalah dengan menanam tanaman mawar pada media yang telah di siapkan. Pertama, posisikan tanaman bunga mawar pada pot plastik, kemudian susun serpihan genting atau batu kecil-kecil dan arang untuk menjaga tanaman mawar agar tidak roboh.
Tips lain agar tanaman mawar tidak roboh sebaiknya pilih pot plastik yang agak tinggi. Setelah itu, kemudian siramkan larutan nutrisi yang terdiri dari campuran nutrisi A dan nutrisi B pada pot plastik tersebut.

Pastikan larutan nutrisi mencapai ketinggian hingga 4/5 tinggi pot. Jika anda enggan menggunakan nutrisi AB mix, maka bisa membuat sendiri dengan cara melarutkan pupuk urea 1 kg, pupuk daun, pupuk NPK, pupuk kcl serta 20 liter air.

Campur semua bahan tersebut hingga berbentuk larutan kental. Kemudian larutkan lagi bahan-bahan tersebut dengan 100 liter air. Setelah itu baru pupuk siap digunakan sebagai nutrisi tanaman hias mawar.

  • Perawatan
Budidaya tanaman hias mawar secara sistem hidroponik bisa dibilang adalah budidaya tanaman dengan perawatan termudah. Bayangkan, anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi 1 bulan sekali.
Serta mengawasi pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman hias seperti lumut dan rumput.

Demikian cara budidaya tanaman hias bunga mawar secara hidroponik dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar