Minggu, 26 Februari 2017

KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PADA TANAMAN HIAS

Kesalahan yang sering dilakukan pada tanaman hias- Seberapa besarkah  pengalaman kita bisa ditakar pada cara merawat tanaman hias ? Banyak orang yang tidak memahami arti perlakuan yang baik dalam pemeliharaan tanaman hias. Mereka hanya melihat tanaman hias dari bagian yang tampak di mata saja.
Namun, pada kenyataannya kondisi tanaman hias sebenarnya sudah merana. Hanya tinggal menunggu waktu ajal yang menjemputnya. Dan pada akhirnya kita hanya bisa menyesali.

Make Your Own Organic Fertilizers for Your Garden



Berikut ini kesalahan yang seringkali dilakukan pada tanaman hias.
  1. Menempatkan tanaman hias di tempat sembarangan. Lebih parah lagi membiarkannya seperti seonggok sampah. Padahal, tanaaman hias membutuhkan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya, seperti suhu, cahaya, dan kelembapan.
  2. Membiarkan tanaman hias hidup apa adanya tanpa ada perlakuan apapun. Padahal, untuk tumbuh dan berkembang tanaman hias membutuhkan ”minuman”. Bahkan kita sering lupa atau tidak pernah menyiramnya.
  3. Tidak pernah menambah pupuk ke media tanam memaksa tanaman hidup enggan matipun tak mau. Dalam kondisi kritis, hanya menunggu saat kematian tiba.
  4. Membiarkan tanaman berada di dalam ruangan dalam waktu lama. Meski termasuk indoor plant, selama-lamanya di ”penjara” akan terasa pengap juga. Tanaman juga butuh udara segar.
  5. Tidak menyemprot insektisida secara berkala mengundang serangga datang untuk menggerogoti tubuh tanaman. Kalau terus dibiarkan, tanaman tumbuh merana dan pada akhirnya mati.
  6. Tidak memberikan ”rumah” yang baik tumbuh dan berkembang. Kadang Anda lupa tidak mengganti media tanam sehingga berubah menjadi asam. Akibatnya tanaman menjadi keracunan.
  7. Tidak memahami bahwa tanaman hias sangat penting dalam menyediakan pasokan oksigen yang cukup di udara. Tanaman hias juga mengurangi efek-efek buruk pada kesehatan manusia.
Sadarlah ancaman kematian akan membayangi tanaman hias Anda di rumah. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari cara pemeliharaan yang salah atau serangan penyakit.
Maka ingatlah 3P di rumah, yaitu penyiraman, pemupukan, dan penyemprotan insektisida. Memang pencegahan lebih baik, tetapi jangan lupa bahwa penyakit bisa datang tiba-tiba. Demikian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat untuk kita semua.

1 komentar: