Sabtu, 25 Februari 2017

ANEKA MACAM TANAMAN HIAS YANG BISA KITA PELAJARI

Aneka macam tanaman hias yang bisa kita pelajari- Tanaman hias dalam penjabaran umum merujuk pada semua tumbuhan yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, pemercantik ruangan, penghias busana, atau sebagai bunga potong (buket dan karangan bunga). Semua tanaman hias memunculkan kesan indah dari bagian tubuhnya, mulai dari bunga, daun, buah, batang, dan bahkan pepagannya. Beberapa tanaman hias juga diketahui mempunyai bagian tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar untuk mengharumkan ruangan, atau bisa juga ditanam untuk mempercantik ruangan serta mengusir nyamuk dan serangga. Berikut ini beberapa ulasan tentang macam-macam tanaman hias yang perlu kita ketahui.


Macam-macam tanaman hias berdasarkan jenisnya;
  • Tanaman hias bunga
  • Tanaman hias daun
  • Tanaman hias buah
  • Tanaman hias akar
  • Tanaman hias batang
Macam-macam tanaman hias berdasarkan tempatnya;
  • Tanaman hias biasa
  • Tanaman hias gantung
  • Tanaman hias air
Setelah mengetahui jenis-jenis dan keumuman keberadaannya, selanjutnya Anda bisa melihat contoh dari kelima jenis tanaman hias tersebut berdasarkan kelompok jenis masing-masing.

1. TANAMAN HIAS BUNGA

Tanaman hias bunga didefinisikan sebagai tumbuhan yang mempunyai bunga berpesona cantik dengan satu atau banyak warna. Tanaman hias bunga dapat menambah keindahan suatu ruangan atau lingkungan di sekitarnya serta membuatnya terlihat lebih asri. Anda bisa menanam tanaman hias bunga di dalam pot atau pada lahan tanah.
Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa Anda tanam di dalam ataupun luar rumah. Berikut adalah beberapa contoh tanaman hias bunga beserta gambar dan penjelasannya.

Bunga Anggrek

Hasil gambar untuk bunga anggrek 

Anggrek-anggrekan  (Orchidaceae) merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap. 

 

Bunga Mawar

Hasil gambar untuk bunga mawar
Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Bunga Melati

Hasil gambar untuk bunga melati
Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

Bunga Kembang Sepatu

Hasil gambar untuk bunga kembang sepatu
Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, tidak berbau, dan beragam warna, namun yang paling banyak dijumpai ialah berwarna merah.

Bunga Kamboja

Gambar terkait
Bunga kamboja ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis yang bernama Charles Plumier, karena itulah bunga kamboja mempunyai nama Latin Plumeria. Bunga kamboja dulu hanya kita jumpai di tempat-tempat yang berbau religi seperti pemakaman dan tempat-tempat lain, namun kini hal itu sudah berubah. Bunga ini tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja sebab bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah, yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico.


Bunga Kemuning

Gambar terkait
Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan dari famili Rutaceae.
Kemuning (Murraya paniculata) merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Daunnya seperti daun jeruk, tapi berukuran lebih kecil, sering digunakan sebagai tumbuhan hias atau tumbuhan pagar. Bunganya terminal dan harum, lebar 12–18 mm, panjang, putih. Buahnya akan berwarna oranye sampai merah tua jika sudah matang,
Kemuning merupakan salah satu tumbuhan yang ditanam di halaman rumah Gadang, di Minangkabau, yang di dalam Pidato Pasambahan Rumah Gadang diungkapkan bahwa kamuniang untuak pautan kudo yang artinya kemuning untuk pautan kuda.

Bunga Allamanda

Hasil gambar untuk bunga allamanda
Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai bunga alamanda dan juga sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Allamanda tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga pada intensitas matahari penuh tanpa halangan. Jika diberi halangan maka produksi bunganya menurun. Tanaman ini tumbuh baik dengan kondisi tanah berpasir, kaya bahan organik, serta beraerasi baik. Secara keseluruhan, alamanda adalah tanaman yang mudah tumbuh pada kondisi yang sesuai sehingga pada beberapa daerah juga dipandang sebagai gulma.

Bunga Lily

Gambar terkait
Tanaman Bakung merupakan bagian dari genus Lilium. Dalam bahasa Inggris nama tanaman ini adalah lily. Ada sekitar 110 suku dalam keluarga bakung (Liliaceae). Kawasan tumbuh bakung meliputi sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia sampai Jepang, ke selatan yaitu India, ke Indocina dan ke Filipina. Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan kadang-kadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

Bunga Kenanga

Hasil gambar untuk bunga kenanga
Kenanga (Cananga odorata) adalah nama bagi sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada dua jenis kenanga, yaitu macrophylla, yang dikenal sebagai kenanga biasa, dan genuina, dikenal sebagai kenanga filipina atau ylang-ylang. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.
Kenanga biasa merupakan tumbuhan asli di Indonesia dan ylang-ylang tumbuhan asli Filipina. Di Indonesia, bunga kenanga banyak menempati peran di dalam upacara-upacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan. Kenanga adalah flora identitas Aceh dan Sumatra Utara.


Bunga Bougenville

Hasil gambar untuk bunga bougenville
Bugenvil merupakan tanaman hias populer. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Bugenvil disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas. Nama Inggris bunga ini adalah Bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis.

Bunga Geranium

Hasil gambar untuk bunga geranium
Geranium adalah salah satu dari sekelompok sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini sebagian besar asli ke Afrika Selatan. Warna bunga Geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Geranium banyak diolah menjadi minyak untuk bahan wewangian. Minyak geranium juga disebut minyak Pelargonium. Minyak tersebut berwarna pucat kuning-coklat atau kehijauan dan memiliki bau seperti itu dari mawar. Minyak ini digunakan untuk parfum, sabun, dan salep.

Bunga Edelweiss

Hasil gambar untuk bunga edelweis
Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya, yang biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus, sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai langka.


Bunga Matahari

Hasil gambar untuk bunga matahari
Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar. Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Bunga Tulip

Gambar terkait
Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan.

Bunga Asoka

 Gambar terkait
Pohon asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh agama Hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian.


Bunga Aster

Hasil gambar untuk bunga aster
Bunga Aster adalah bunga yang berasal dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm. Para petani daerah Pacet banyak yang menanam bunga ini karena banyak orang-orang menyukainya. Bungai ini sekilas bentuknya seperti bunga kertas.



2. TANAMAN HIAS DAUN

Tanaman hias bunga merupakan macam-macam tanaman hias yang pertama, berikutnya ada tanaman hias daun. Apa itu? Secara garis besar, tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada bagian daunnya. Di Indonesia, ada banyak penyuka tanaman hias daun. Untuk mengetahui apa saja tanaman hias daun yang populer di Indonesia, berikut ini beberapa di antaranya.

Kuping Gajah

Gambar terkait
Umumnya tanaman ini disebut dengan Anthurium Crystallinum ini adalah salah satu tanaman hias yang banyak terdapat dirumah-rumah warga.Tanaman ini sangat menarik karena bentuk pola dan warna hiasan daunya, daunnya besar dan berbentuk jantung dan sekilas mirip dengan kuping gajah, daunnya besar. Mungkin dengan inilah tanaman ini disebut dengan kuping gajah. Di daunnya terdapat tulang-tulang yang berurat-urat hijau mudah dan bewarna putih-keputihan yang membentuk pola hiasan bewarna perak. 


Suplir

Gambar terkait
Suplir adalah tumbuhan paku populer untuk penghias ruang atau taman yang termasuk dalam marga Adiantum, yang tergolong dalam anaksuku Vittarioideae, suku Pteridaceae.

Aglaonema

Gambar terkait
Aglaonema, sri rezeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies.

Keladi Red Star

Hasil gambar untuk keladi red star
Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia. Penciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih dari 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

Paku Tanduk Rusa

Gambar terkait
Paku tanduk rusa adalah sekelompok tumbuhan paku epifit yang semuanya tergabung dalam marga Platycerium'.

Dieffenbachia

Hasil gambar untuk dieffenbachia
Dieffenbachia merupakan tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan. Keindahannya berasal dari bentuk tajuk dan juga warna daunnya yang bervariasi: hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning.


Saka Asparagus Plumosus

Gambar terkait
Ini tanaman sejenis paku yang lebat daunnya menyerupai jarum halus. Potongan batang yang berdaun, ditambah beberapa bunga, lalu digunakan untuk menghias. Asparagus ini mudah ditanam, asal diberi cahaya matahari tidak langsung. Ia juga butuh lingkungan yang lembab dan tidak kekurangan air.

Palem Kuning

Hasil gambar untuk palem kuning
Palem kuning adalah tanaman hias populer yang biasa dijumpai di pekarangan. Tumbuhan anggota suku pinang-pinangan ini berasal dari Madagaskar namun di tempat asalnya sekarang terancam.

Zamia

Hasil gambar untuk Zamia
Tanaman hias zamia memiliki nama latin Zamia furfuracea. Tanaman hias zamia termasuk kelompok tanaman cycad yang asal muasalnya dari Provinsi Veracruz di Meksiko. Tanaman zamia juga merupakan tanaman gurun. Meskipun tidak termasuk tanaman palem-paleman (Arecaceae), tapi pola pertumbuhan tanaman hias zamia sangat mirip dengan palem. 

Calathea

Gambar terkait
Corak daun yang dimiliki oleh calathea ini memang terlihat dekoratif dengan dominasi warna hijau, putih, merah hati sehingga cocok di tempatkan di dalam rumah untuk mempercantik dekorasi rumah.
Tanaman yang berasal dari wilayah Amerika Tropis ini termasuk genus tanaman milik keluarga Marantaceae dan bisa tumbuh dengan ketinggian maksimal 30 sampai dengan 50 cm.

Spider Plant

Gambar terkait
Secara fisik, Spider Plant memiliki daun yang panjang dengan ujung yang meruncing. Panjangnya bervariasi antara 20 hingga 40 centimeter. Meski dapat dibiarkan tumbuh di tanah, namun Spider Plant lebih umum ditempatkan di dalam pot yang digantung. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya terang yang tidak langsung. Spider Plant mungkin dapat mentolerir cahaya langsung dari sinar matahari. Namun jika penerimaan cahaya itu terjadi pada tengah hari, daun-daun tanaman akan terbakar.

3. TANAMAN HIAS BUAH

Berikutnya, kita akan melihat apa saja yang termasuk sebagai macam-macam tanaman hias buah.

Jeruk Nagami

Hasil gambar untuk tanaman hias Jeruk Nagami
Jeruk nagami (Citrus japonica), atau kumquat, adalah tanaman buah jeruk yang datang dari genus
Citrus (genus dari seluruhnya tumbuhan jeruk), dengan ciri khas bentuk buah jeruknya lonjong
serta memiliki ukuran kecil-kecil. Jeruk nagami rajin berbuah, dapat dikonsumsi buahnya dengan
cara segera, bahkan juga sama kulitnya sekalian lantaran banyak yang katakan rasa kulitnya lebih
manis daripada isi daging jeruknya sendiri.

Cabai Pelangi

Hasil gambar untuk tanaman hias Cabai Pelangi
Cabai pelangi ini memiliki buah yang berwarna-warni, dan pada dasarnya merupakan tanaman hias. Meski tergolong ke dalam jenis tanaman hias, namun buahnya bisa juga dimakan dan aman bagi kesehatan tubuh manusia. Artian aman disini adalah buahnya tidak beracun. Selain itu, cita rasa buahnya pun pedas sama seperti cabai pada umumnya.
Bila dilihat dengan kasat mata, ciri-ciri cabai hias pelangi ini buahnya menghadap ke atas dengan warna-warna mencolok, seperti krem, kuning, merah, dan ungu yang berkumpul menjadi satu kelompok. Apabila dilihat dari atas, kumpulan cabai yang memiliki warna atraktif ini, hampir mirip dengan pelangi.

Buah Naga

Hasil gambar untuk tanaman hias buah naga
Buah naga ( pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Mexico, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Nanas Medusa

Gambar terkait
Nanas medusa atau nanas mahkota adalah jenis tanaman hias yang menyimpan keunikan sendiri. Keunikan tersebut bisa dilihat dari penampilannya. Buah nanas yang dihasilkan bisa menghasilkan buah-buah nanas ukuran mini yang menonjol pada semua sisi buah nanas yang paling utama.

Nanas Merah

Hasil gambar untuk tanaman hias Nanas Merah
Nanas Merah (Ananas Bracteatus) merupakan sejenis tanaman hias dari Argentina, Brazil dan Paraguay dengan buah berbentuk nanas dan berwarna merah. Tanaman ini memiliki bunga berduri yang berwarna violet pucat dengan bias merah dan merah muda. Nanas merah memiliki daun yang panjang, linier dan melengkung dengan batang semu berbentuk roset setinggi 30-50 cm. Pangkal batang nanas berbentuk melebar dan menjadi pelapah dengan warna hijau tua maupun semburat merah. Buah nanas merah memiliki daging berwarna putih kekuningan dan mengandung banyak cairan dengan rasa yang manis, asam dan harum serta tidak berbiji. 


Lemon

Gambar terkait
Buah Jeruk Lemon Impor (Citrus limon) merupakan buah jeruk yang berasal dari Australia. Jeruk lemon ini memiliki ciri-ciri warna buah kuning dan berbentuk lonjong. Kulit buahnya tebal dan cepat berbuah.

4. TANAMAN HIAS AKAR

Tanaman hias akar mempunyai keunggulan pada bagian akarnya. Beberapa jenis tanaman hias akar yang biasa ditanam adalah Ficus benyamina, Ficus elastica, Canarium spp., Artacarpus altilis, dan beberapa nama lain dari kelompok ataupun famili berbeda.
Hasil gambar untuk tanaman hias akar
  









5. TANAMAN HIAS BATANG

Tanaman hias batang merupakan tanaman yang mempunyai daya tarik pada bagian batangnya, entah itu karena bentuk ataupun ukuran dari batangnya. Contoh jenis tanaman hias batang yang biasa dijumpai adalah bambu air, bambu kuning, kamboja, kaktus, dan palem bambu.


Bambu Kuning

Hasil gambar untuk tanaman hias batang bonsai






Konsep tanaman hias biasa, gantung, dan air 

 

Tanaman hias biasa merupakan tanaman hias yang tumbuh dan dirawat di tempat biasa, di atas tanah, tidak digantung dan tidak hidup di dalam air. Biasanya ditanam di dalam pot atau di tanah di pekarangan rumah.
Hasil gambar untuk tanaman hias pot g







Tanaman hias gantung adalah tanaman hias yang juga ditanam di dalam pot, akan tetapi diletakkan di udara dengan cara digantung. Beberapa tanaman hias yang diletakkan dengan cara digantung adalah bunga anggrek, lobelia, geranium, begonia, dan fuchsia.
Hasil gambar untuk jenis tanaman hias pot gantung



Tanaman hias air / hidrofit adalah tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan habitat perairan, baik terbenam sebagian atau terbenam seluruh bagiannya. Tanaman hias air dapat digunakan sebagai penghias kolam sehingga terlihat semakin indah dan menawan dengan keberadaan tanaman-tanaman hias air. Beberapa tanaman hias air yang populer antara lain lotus atau seroja, bambu air atau equisetum, teratai, papirus air, semanggi, kiambang, azolla, apu-apu, melati air, calla lily, eceng gondok, selada air, tetepok atau telipuk, tifa, pisang air, yellow water poppy, water canna, pickerel weed, black taro, mosaic plant, dan keladi-keladian.

Hasil gambar untuk jenis tanaman hias air

Anda bisa mempercantik ruangan dan halaman rumah Anda dengan nama-nama tanaman yang tergabung ke dalam macam-macam tanaman hias tersebut. Dengan keberadaan mereka, rumah Anda akan terasa lebih segar, asri, dan indah. Itulah tadi aneka macam tanaman hias yang bisa kita pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar