Sabtu, 25 Februari 2017

CARA MENANAM BUNGA MELATI DALAM POT

TANAMAN HIAS BUNGA MELATI  

 

Cara menanam bunga melati di pot-Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Italia melati casablanca ( Jasmine officinalle ), yang disebut Spansish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk di jadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de’ Meici. Pada tahun 1919 ditemukan "melati J. parkeri" di kawasan India Barat Laut, Kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923. Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk "melati" adalah Menuh ( Bali ), Meulu cut atau Meulu Cina ( Aceh ), Menyuru ( Banda ), Melur ( Gayo dan Batak Karo ), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora ( Timor ), serta Malete ( Madura ).  


JENIS MELATI DAN KLASIFIKASI 

Diantara 200 jenis "melati" yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani baru sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat 8 jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Sebagian besar jenis "melati" tumbuh liar di hutan-hutan karena belum terungkap potensi ekonomis dan sosialnya. Tanaman "melati" termasuk suku melati-melatian atau famili Oleaceae.
Klasifikasi ilmiah bunga melati :
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Oleales
Famili : Oleaceae
Genus : Jasminum
Species : Jasminum sambac (L) W. Ait..

Jenis, Varietas dan Ciri-ciri penting ( karakteristik ) tanaman melati adalah sebagai berikut : 


a) Jasmine sambac Air ( melati putih, puspa bangsa )
b) Jasmine multiflora Andr ( melati hutan:melati gambir, poncosudo, Star Jasmine, J,. pubescens willd )
c) Jasmine officinale ( melati casablanca, Spanish Jasmine ) sinonim dengan J. floribundum=Jasmine grandiflorum )
perdu setinggi 1, 5 meter.
d) Jasmine rex ( melati Raja, King Jasmine )
e) Jasmine parkeri Dunn ( melati pot )
f) Jasmine mensyi ( Jasmine primulinum, melati pimrose )
g) Jasmine revolutum Sims ( melati Italia )
h) Jasmine simplicifolium ( melati Australia, J. volibile, m. bintang )
i) Melati hibrida. Bunga pink dan harum.

Adapun jenis dan varietes Melati yang ada di Pulau Jawa yaitu Jasmine Sambac ( melati Putih  ) Jasmine Sambac di bagi menjadi beberapa varietas, antara lain : 


a) Maid of Orleans, Grand Duke of Tuscany, Menur dan Rose Pikeke
b) Jasmine multiflorum ( Star Jasmine )
c) Jasmine officinale ( melati Gambir
  

CARA MENANAM BUNGA MELATI  DI POT
Persiapkan tanah untuk menanam melati, untuk kali ini kita harus mencari tanah yang baik untuk menanam melati. Tanah yang di pakai adalah pasir, pupuk kompos atau biasa kita sebut pupuk kandang dan tanah yang subur, ketiga unsur ini kita aduk dengan takaran semuanya 1/3. Kalau kita sudah mendapatkan semua bahan yang sudah saya sebut di atas sekarang aduk sampai merata. Kita bisa mengaduk semua campuran tadi di atas plastik atau karung pupuk.


BERIKUT CARA MENANAM BUNGA MELATI DI DALAM POT :
  1. Setelah kita mencampurkan bahan tadi jangan lupa untuk menyiapkan pot yang cukup sedang ( sesuaikan dengan ukuran benih melati yang akan kita tanam ), isi pot yang sudah kita siapkan dengan tanah yang sudah kita campur tadi kira-kira 1/3 bagian. Kemudian masukkan bunga melati kedalam pot. Banyak khasus setelah di tanam dalam pot bunga akan layu dan mati, untuk mengatasi hal ini jangan buang tanah yang tadi anda beli bersama bunga melati biarkan saja apa adanya, cukup anda buang plastik backnya saja. Setelah kita masukkan ke dalam pot masukkan semua tanah yang sudah kita campur dan sisakan bagian permukaan sedikitnya 2 cm sebelum penuh dan sebaiknya kita tekan pada pangkal batang bunga melati menggunakan ibu jari, namun jangan terlalu menekan dengan serius.
  2. Setelah kita melakukan cara di atas sekarang bersihkan bagian luar pot sebelum kita masukkan dalam rumah atau pada ruangan. Dan sebaiknya sebelum kita masukkan dalam rumah agar pertumbuhan melati bisa subur dan sehat taruh saja di papan lembab dan terdapat celah sinar matahari langsung.
  3. Siram bunga melati setidaknya setelah kita pindahkan dua kali sehari dengan air secukupnya saja.
  4. Pemotongan pada batang bunga melati adalah tahap berikutnya setelah bunga melati sudah berkembang sehat, lakukan untuk memperindah bunga melati, pilih batang yang mempunyai tingkat kesuburan yang baik dan potong batang yang kurang baik. Kita bisa bentuk batang melati serapi mungkin sebelum kita masukkan dalam rumah.
Itulah tips dan cara menanam bunga melati dalam pot, namun sebelum tulisan ini saya tutup jika memang pertumbuhan bunga melati subur besar kemungkinan akar melati akan banyak sekali dan biasanya pot yang menampung akar melati akan retak, oleh sebab itu sebelum akar melati benar-benar meretakkan pot, kita bisa ganti pot bunga tersebut dengan pot yang lebih besar, dan untuk caranya sama dengan langkah-langkah di atas.

CARA MERAWAT BUNGA MELATI 
  • Penyulaman : Cara penyulaman adalah dengan mengganti tanaman yang mati / tumbuhan abnormal dengan bibit yang baru. Teknik penyulaman prinsipnya sama dengan tata laksana penanaman, hanya saja dilakukan pada lokasi / blok / lubang tanam yang bibitnya perlu diganti. Periode penyulaman sebaiknya tidak lebih dari satu bulan setelah tanam. Penyulaman seawal mungkin bertujuan agar tidak menyulitkan pemeliharaan tanam berikutnya dan pertumbuhan tanam menjadi seragam. Waktu penyulaman sebaiknya dilakukan pada pagi / sore hari, saat sinar matahari tidak terlalu terik dan suhu udara tidak terlalu panas.
  • Penyiangan : Pada umur satu bulan setelah tanam, kebun melati sering ditumbuhi rumput-rumput liar ( gulma ). Rumput liar ini menjadi pesaing tanaman melati dalam pemenuhan kebutuhan sinar matahari, air dan unsur hara.
  • Pemupukan : Pemupukan tanaman melati dilakukan tiap tiga bulan sekali. Jenis dan dosis pupuk yang digunakan terdiri atas Urea 300-700 kg, STP 300-500 kg dan KCI 100-300 kg / ha / tahun. Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan cara disebar merata dalam parit di antara barisan tanaman / sekeliling tajuk tanaman sedalam 10-15 cm, kemudian ditutup dengan tanah. Pemupukan dapat pula dengan cara memasukan pupuk ke dalam lubang tugal di sekeliling tajuk tanaman melati. Waktu pemupukan adalah sebelum melakukan pemangkasan, saat berbunga, sesuai panen bunga dan pada saat pertumbuhan kurang prima. Pemberian pupuk dapat meningkatkan produksi melati, terutama jenis pupuk yang kaya unsur fosfor ( P ), seperti Gandasil B ( 6-20-30 ) / Hyponex biru ( 10-40-15 ) dan waktu penyemprotan pupuk daun dilakukan pada pagi hari ( Pukul 09.00 ) atau sore hari ( pukul 15.30-16.30 ) atau ketika matahari tidak terik menyengat.
  • Penyiraman : Pada fase awal pertumbuhan, tanaman melati membutuhkan ketersediaan air yang memadai. Pengairan perlu secara kontinyu tiap hari sampai tanaman berumur kurang lebih 1 bulan. Pengairan dilakukan 1-2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Cara pengairan adalah dengan disiram iar bersih tiap tanam hingga tanah di sekitar perakaran cukup basah.
  • Waktu Penyemprotan Pestisida : Zat perangsang / zat pengatur Tumbuh ( ZPT ) dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi bunga, zat perangsang bunga yang berpengaruh baik terhadap pembungaan melati adalah Cycocel ( Chloromiguat ) dan Etherel. Tanaman melati yang di semprot dengan Cycocel berkonsentrasi 5.000 ppm memberikan hasil bunga yang paling tinggi, yakni 1,45 kg / tanaman. Cara pemberiannya: zat perangsang bunga disemprotkan pada seluruh bagian tanaman, terutama bagian ujung dan tunas-tunas pembungaan. Konsentrasi yang dianjurkan 3.000 ppm–5.000 ppm untuk Cycocel atau 500-1.500 ppm bila digunakan Ethrel.
  • Pemangkasan : Tanaman melati umumnya tumbuh menjalar, kecuali pada beberapa jenis melati, seperti varietas Grand Duke of tuscany yang tipe pertumbuhannya tegak. Untuk jenis melati ini kita harus melakukan pemangkasan. Pemangkasan tergantung pada jenis melati, jenis melati putih ( J.sambac ) dapat di pangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah, sedangkan jenis melati Spnish Jasmine ( J. officinale var. grandiflorum ) setinggi 90 cm dari permukaan tanah. 

MANFAAT BUNGA MELATI  
"Melati" ( Jasminum sambac, ait. ) adalah sebuah bunga yang memiliki wangi harum dan mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Manfaat bunga melati sudah dikenal oleh banyak masyarakat dari berabad-abad lalu sebagai obat herbal khususnya di wilayah Mediterania.
Melati banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon sehingga tentu saja bunga melati mempunyai banyak manfaat.  

Berikut manfaat bunga melati :

1. Mengobati Sesak Nafas
Bunga melati dipercaya dapat mengobati sesak nafas, caranya sangat mudah yaitu:
  • Rebus 20 lembar bunga melati, garam, dan 3 gelas air secara bersamaan
  • Tunggu hingga rebusan air hanya tersisa untuk dua gelas
  • Sesudah air rebusan dingin, saringlah air rebusan bunga melati tersebut dan minum
  • Lakukan ini dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore
2. Mengobati Demam
Saat kita mengalami demam yang tinggi jangan panik, namun segeralah mencari bunga melati untuk membuat obat herbal. Cara :
  • Siapkan segenggam bunga melati
  • Remas-remas bunga melati hingga agak hancur dan rendam dalam air
  • Air bunga melati kemudian digunakan untuk mengompres dahi
3. Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga
Dengan menggunakan bunga melati sengatan lebah yang sangat beracun dapat anda sembuhkan, cara:
  • Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus
  • Tempelkan bunga melati yang sudah halus ke bagian tubuh yang tersengat lebah atau serangga
4. Mengobati Sakit Mata
Sakit mata seperti iritasi ataupun keluarnya belek terus menerus dari mata dapat diobati dengan melati, cara:
  • Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus
  • Tempelkan di dahi diatas mata
  • Apabila bunga melati sudah kering segera ganti dengan yang baru
5. Menurunkan Berat Badan
Bunga melati juga dapat menurunkan berat badan apabila dikombinasikan dengan teh hijau karena mempunyai banyak kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate ( EGCG ) yang bekerja efektif di tubuh untuk proses pembakaran lemak dan tentunya lemak di tubuh yang menumpuk dapat berkurang.

6. Mencegah Kolesterol
Kolestrol yang ada pada tubuh manusia ada dua jenis yaitu yang sifatnya baik dan jahat. Kolesterol jahat atau biasa disebut dengan LDL merupakan penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Apabila terjadi akan merangsang adanya serangan jantung, untuk mencegahnya kita dapat mengonsumsi teh bunga melati untuk menurunkan kolesterol dalam daran.

7. Mencegah Penuaan
Meminum satu cangkir teh bunga melati setiap hari dipercaya akan mencegah penuaan karena bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan di kulit termasuk kulit kering.

8. Membuat Rambut Menjadi Kuat
Apabila anda mengalami kebotakan atau rambut yang secara terus menerus rontok, anda dapat mencoba khasiat bunga melati sebagai obat herbal untuk rambut anda. Cara:

  • Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air
  • Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan panaskan
  • Seluruh daun lainnya dan kemiri ditumbuk hingga halus
  • Bunga yang ada seluruhnya dicacah kecil-kecil
  • Semua bahan yang ada kemudian dicampur dan dipanaskan diatas api kecil selama 20 menit
  • Air rebusan disaring dan didinginkan. Sesudah dingin, oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat
  • Lakukan ini sehari dua kali sebelum  mandi
9. Mengobati Susah Tidur
Untuk mengobati susah tidur dengan bunga melati caranya sangat mudah, yaitu:

  • Ambillah akar bunga melati sebanyak 1-1,5 gram dan cuci hingga bersih
  • Tumbuk akar bunga melati tersebut dan tambahkan air secukupnya
  • Saring dan minum hingga habis
10. Mengobati Stress
Aroma yang ada pada teh bunga melati dipercayai dapat memberikan efek relaksasi sehingga stress pun dapat hilang. Oleh karena itu, sebaiknya secara rutin mengonsumsi satu cangkir teh bunga melati untuk membuat syaraf yang tadinya tegang menjadi tenang dan juga membuat kulit lebih cantik setiap saat.

11. Menyeimbangkan Gula Darah
Teh bunga melati juga mempunyai khasiat menyeimbangkan gula darah dalam tubuh manusia. Untuk penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi teh bunga melati tanpa menggunakan gula.

12. Mengobati Jerawat di Wajah
Jerawat di wajah pun dapat hilang dengan alami dan cepat oleh bunga melati. Cara:

  • Siapkan bunga melati 20 kuntum, asam kawak sebanyak 2 hari, 3 gram belerang dan 2 SDM air jeruk nipis
  • Cuci semua bahan yang ada dan tumbuk hingga halus
  • Peras bahan yang sudah ditumbuk dan tambahkan jeruk nipis
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat dua kali sehari dan diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Bilas wajah sampai bersih
13. Membuat Masker Tubuh
Cara membuat masker tubuh dengan bunga melati yaitu:
  • Siapkan segenggam bunga melati, air mawar atau olive oil
  • Tumbuk halus bunga melati yang ada dan tambahkan air mawar atau olive oil
  • Oleskan pada bagian tubuh dengan merata dan diamkan 15-20 menit
  • Bilas tubuh hingga bersih
  • Untuk memberi hasil kulit yang cantik dan bersih anda dapat melakukannya 2-3 kali dalam seminggu
14. Mengobati Radang Usus 
Bunga melati juga mempunyai khasiat untuk penyakit usus seperti timbulnya radang di usus, cara:

  • Siapkan segenggam bunga melati poncosuda
  • Rebus bunga melati tersebut dengan 3 gelas air hingga air hanya tersisa untuk satu gelas saja
  • Minumlah air rebusan ini dua kali sehari
15. Mengobati Demam Berdarah 
Demam berdarah yang termasuk penyakit parah pun dapat diobati dengan khasiat bunga melati, cara:

  • Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 air hingga tersisa hanya seukuran 1 gelas air saja
  • Sesudah dingin segera minumkan air tersebut ke penderita demam berdarah
  • Lakukan ini dalam 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari

16. Radang Ginjal

  • Rebus 15 gram daun melati yang sudah kering bersamaan dengan dua gelas air hingga tersisa hanya untuk ukuran satu gelas saja
  • Minum air rebusan ini dua kali sehari secara rutin hingga warna urine menjadi kembali normal.
17. Mengati Produksi ASI Berlebihan 
Produksi ASI yang banyak tentu baik untuk seorang ibu karena dapat memberikan asupan susu yang cukup untuk anak namun apabila terlalu berlebihan juga akan mengganggu, berikut caranya mengatasi produksi ASI yang berlebihan:

  • Ambil bunga melati secukupnya dan tempelkan di sekitar payudara
  • Lakukan ini secara rutin
18. Campuran Teh 
Bunga melati dapat digunakan untuk campuran teh agar aromanya wangi dan segar ketika diminum. Kita akan menemukan berbagai produk teh yang mencampurkan bunga melati dengan daun teh di dalamnya yang memberikan efek wangi yang menggoda. 

Manfaat bunga melati memang cukup banyak, anda mungkin menemukan bahwa bunga melati digunakan untuk campuran minuman yang menyegarkan. Kandungan Bunga Melati Bunga Melati terbagi atas 3 jenis yaitu Jasminum sambac Maid of Orleans, Jasminum sambac Grand Duke, dan Jasminum offcinale. Bunga melati sendiri mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat diantaranya yaitu Minyak eteris (zat berbau), Indole, Linalcohol, Asetat benzilic, Alkohol benzilic, Livalylacetaat, dan Jasmon. Bunga Melati juga sangat efektif untuk mengatasi segala nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.  
Demikian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat untuk kita semua.

1 komentar: