Sabtu, 25 Februari 2017

CARA MEMBENTUK BATANG ADENIUM AGAR SEPERTI BONSAI

Cara membentuk batang adenium agar seperti bonsai- Berikut panduan cara untuk membentuk batang adenium seperti pohon bonsai. Setelah cabang Bunga adenium tumbuh banyak dan tanaman bunga adenium dalam kondisi sehat, tanaman bisa diatur sesuai dengan selera, seperti bentuk bonsai. Sayangnya, tidak semua gaya bonsai bisa diterapkan pada adenium. Umumnya, adenium hanya bisa dibentuk dengan gaya tegak, formal, dan broom alias sapu terbalik.

Adapun cara membentuk batang adenium agar seperti bonsai ialah sebagai berikut;
  • Pertama yang harus Anda lakukan ialah pilih cabang yang akan dibentuk, sebaiknya minimal seukuran telunjuk.
  • Selanjutnya lilit cabang dengan kawat alumunium yang biasa digunakan untuk bonsai, berdiameter 1/4 kali lebih kecil dari ukuran cabang. Tarik cabang sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  • Terakhir bengkokkan cabang terlilit sesuai selera sehingga membentu sudut 60 derjat dari posisi semula.
Pemasangan kawat tergantung umur tanaman tersebut. Untuk tanaman muda, kawat dipasang selama dua minggu. Sementara tanaman tua, pemasangan kawat lebih lama, lebih dari 2 bulan. Hal itu dikarenakan peluang tanaman untuk kembali ke bentuk semula juga besar. Cabang adenium biasanya dibentuk dengan cara pelilitan kawat atau whealing. Cara ini relatif gampang karena adenium bukan tanaman berkayu dan lentur. Selain itu, pelilitan kawat lebih aman untuk tanaman karena meminimalisai kontak kawat dengan tanaman. Dengan begitu, mengurangi risiko tanaman terluka karena gesekan dengan kawat.

Hasil gambar untuk tentang cara membentuk bunga adenium agar seperti bonsai
Yang harus Anda perhatikan adalah jangan terlalu kuat melilitkan kawat pada batang Adenium. Batang dan cabang adenium banyak mengandung air sehingga gampang terluka. Luka bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Apalagi jika pelilitan dilakukan usai repotting, tanaman mudah membusuk.

Ada teknik baru pelilitan kawat pada adenium, yaitu Double Tracking. Model ini diadopsi dari single tracking pada bonsai. Namun, untuk beberapa pebonsai, teknik ini jarang diterapkan karena rumit dan membutuhkan  banyak alat. Cara Double Tracking kemudian dimodifikasi sehingga lebih mudah diterapkan pada adenium. 
Tanaman yang akan di training dengan cara double tracking harus dalam kondisi sehat, terutama akarnya. Perakaran harus kuat sehingga siap untuk disakiti. Untuk mengurangi kerusakan tanaman, sebaiknya dilenturkan terlebih dahulu. Caranya, jangan disiram selama 4-5 hari. Dengan begitu, cabang akan lentur karena kekurangan air. Setelah itu, dengan mudah tanaman dapat dibentuk meski ditarik kuat-kuat.
 
Siapkan pilar beton dan piringan yang bisa diputar untuk meletakkan pot. Meja berputar tersebut dimaksudkan agar memudahkan saat pembentukan tajuk. Bahan lain yang harus disiapkan adalah kawat berdiameter 2,5 mm dan 1-1,5 mm.
Kawat berukuran besar berperan untuk mengikat pot dan dudukan kawat kecil. Sementara kawat yang lebih kecil berfungsi sebagai penarik dari cabang ke pot atau kawat besar. Supaya permukaan batang tetap mulus, berikan bantalan antara kawat dengan batang. Bantalan bisa berupa lipatan kertas, plastik, atau potong selang air.
Tentukan satu titik khayal di setiap cabang untuk tempat penarikan kawat. Letakkan bantalan di titik khayal tersebut, kemudian pasangi kawat. Kawat tersebut tidak perlu dililitkan, cukup dicantolkan saja sehingga terbentuk penampungan ganda.
 
Selanjutnya, ujung kawat yang dikaitkan ke cabang dipertemukan dengan ujung kawat yang mengait pada pot. Penarikan tidak harus lurus lurus, bisa bengkok ke kiri atau kanan sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
Setelah semua cabang terpasang kawat, beri sentukan akhir dengan menguatkan kaitan. Cabang-cabang diseimbangkan. Caranya, letakkan paku di antara kawat ganda, kemudian putar sehingga jarak antar kawat memendek.
 
Dengan begitu, cabang akan ikut tertarik. Jika proses penarikan kawat telah selesai, pangkas cabang sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Pemangkasan harus proporsional agar penampilan adenium lebih cantik. Setelah itu, letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sekitar 4-5 bulan kemudian, tanaman akan berubah menjadi cantik dan eksotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar