Sabtu, 25 Februari 2017

CARA MENGATASI HAMA KUTU DAUN PADA TANAMAN HIAS DENGAN ALAMI

Hama tungau menghisap cairan dari hampir semua jenis tanaman; sayuran, buah, tanaman buah, tanaman hias. Serangga ini lazimnya muncul ketika kondisi kering dan berdebu. Hindarilah pestisida karena dapat membunuh serangga yang memangsa tungau. Akan tetapi, gunakanlah metode natural yang lebih aman dan sedikit mengandung resiko.

SEMPROTAN CABE  ; 

Semprotan cabe pedas membantu mengendalikan perkembangan hama tungau dan hama lain.
Cara membuatnya,
Campurkan 1 sendok teh cabe rawit atau 1 sendok saus pedas dan 1 liter air.
Campurkan pula beberapa tetes sabun cuci piring cair.
Biarkan larutan tersebut semalam. Setelah siap, semprotkan larutan tersebut pada permukaan atas dan bawah daun. Sering-seringlah mengocok larutan agar bahan-bahannya terlarut sempurna. Tambahkan cacahan bawang untuk memperkuat efek larutan. Masukkan larutan ke dalam botol dengan menyaringnya terlebih dahulu. 



SEMPROTAN SABUN  ; 

Semprotan sabun membantu mengendalikan tungau dan hama lain. 
Cara membuatnya, 
Gunakan 2 sendok teh sabun yang lembut, semisal shampoo bayi karena sabun cuci beresiko merusak daun.
Tambahkan pula 1 atau 2 sendok teh minyak goreng yang berfungsi untuk menyesakkan pernafasan hama dan juga membantu agar larutan menempel pada daun.
Campurkan bahan-bahan tersebut dalam 1 galon air dan semprotkan pada tanaman secara menyeluruh. Ulangi penyemprotan dalam 4-7 hari. 
Jangan menyemprot tanaman jika ditemukan serangga yang bermanfaat, misalnya lebah madu. Dan jangan semprot tanaman jika tanaman sedang terkena sinar matahari langsung.
 

Gambar terkait



CARA  MENGATASI HAMA KUTU PUTIH 


  • Anda dapat membuat semprotan cabe untuk mengendalikan kutu daun. Siapkan 3 – 4 cabai, beberapa siung bawang putih, dan 1 liter air bersih. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Setelah halus, larutkan ke dalam air untuk kemudian disemprotkan ke tanaman yang terjangkiti kutu daun. 

  • Jika tanaman hias Anda sudah sangat memprihatinkan karena terserang hama kutu putih maka anda bisa lakukan cara berikut.
Ambil sabun colek satu sendok makan lalu larutkan dalam kaleng susu bekas ukuran 900 gram. Gunakan air bersih sebanyak setengah kaleng susu tersebut. Tambahkan minyak tanah (kerosene) sebanyak seperempat dari kaleng tersebut. (jadi perbandingan air dan minyak tanah adalah 2:1). Gunakan cairan pembunuh serangga (baygon) sebanyak 2 sendok makan. Campur dan aduk hingga membentuk emulsi dan sabun tidak berbusa lagi. Dan sabun tidak menggumpal lagi. Hindari gumpalan sabun karena akan menyumbat botol sprayer. Tampak larutan seperti air cucian beras. Masukkan cairan kedalam botol sprayer plastik.  Semprotkan ke tanaman anda, terutama bagian bawah daun dimana hama kutu putih berkumpul. Jangan lupa, gulma sekitar tanaman harus disemprot juga agar menghindari serangan hama tersebut di kemudian hari. Percobaan saya terbukti berhasil setelah satu minggu tidak ada kutu putih terlihat dibagian daun tanaman.
Tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi serangan kutu putih ini, terutama ketika insektisida yang kita gunakan tidak mampu memusnahkan kutu putih yang telah menyerang tanaman hias milik kita ini adalah dengan cara berikut. 
  • Campurkan Insektisida yang akan kita semprotkan dengan sabun cair sebelum kita semprotkan. Pada beberap kutu, terdapat lapisan lilin yang melindungi tubuh kutu dari cairan insektisida. Dengan menggunakan campuran air sabun ini, lapisan lilin tadi bisa ditembus oleh kandungan sabun dalam larutan tadi, sehingga Insektisida pun dapat lebih efektif. Campuran Insektisida dan Sabun Cair yang kita gunakan, adalah dengan menggunakan dosis perbandingan 1 cc hingga 2 cc. Insektisida yang dicampurkan dengan 1 ltr Air kemudian kita tambahkan dengan Sabun cair sebanyak 1 sendok teh.
Demikian artikel tentang cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman hias dengan alami. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk terus belajar dan berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar