Sabtu, 25 Februari 2017

CARA BUDIDAYA TANAMAN HIAS AGAR BEHASIL


Cara budidaya tanaman hias- Pengertian budidaya tanaman secara sederhananya ialah usaha pengembangan/perbanyakan tanaman. Nah, di sini kita bakal membahas tentang budidaya tanaman hias.
Tanaman hias mencakup semua tanaman yang memiliki bentuk dan kesan indah yang sengaja di tanam dengan maksud dan tujuan tertent untuk pemiliknya.
Pemanfaatan tanaman hias tidak hanya pada bunga saja, tapi juga mencakup seluruh bagian tanaman tersebut dapat menjadi faktor keindahan tanaman hias. Bukan hanya menambah unsur keindahan, tapi juga dapat menjadi peluang usaha.
Bagi yang memiliki hobi bercocok tanam, mungkin akan tertarik dengan usaha ini. Untuk memulai usaha ini, harus disertai dengan keuletan dan ketekunan yang besar.
Hasil gambar

Untuk mendapat keuntungan yang lumayan, tidak bisa dalam waktu yang singkat, diperlukan proses yang cukup lama. Yang perlu kita lakukan adalah mempelajari cara budidaya tanaman hias agar tidak salah dalam penerapannya.
Ada beberapa keuntungan dalam melakukan bisnis tanaman hias yang Anda jalankan ini. Salah satunya yaitu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha tanaman hias yang Anda lakukan. Hal ini mengingat harga jual tanaman hias yang tidaklah kecil. Apalagi jika tanaman hias yang Anda pasarkan adalah tanaman yang memiliki bentuk yang unik dan masih belum terlalu banyak penjual bunga yang menjualnya pasti Anda akan mendapat keuntungan yang lebih banyak lagi. Nah, jika Anda ingin mendapatkan hasil tanaman hias yang unik, maka Anda harus mampu mempersilangkan tanaman-tanaman hias yang masih dalam satu marga.

Keuntungan yang lain yaitu tidak terlalu susah bisnis tanaman hias ini dilakukan, karena Anda hanya perlu merawatnya dengan rutin dan penuh kesabaran. Kesabaran inilah yang penting untuk Anda tancapkan dalam-dalam, karena mengingat tanaman hias yang terkadang membutuhkan waktu yang agak lama untuk berkembang biak dan kemudian menunggu lagi hingga agak besar sehingga ada orang yang mulai tertarik dengan tanaman hias Anda tersebut. Nah, bagi Anda yang sudah mempunyai hobi mengoleksi tanaman hias, maka tidak ada salahnya jika Anda memulai untuk melakukan bisnis melalui hobi Anda tersebut.

Apa saja hal-hal yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman hias, simak ulasan berikut; 
 

1. Media Tanam

Gambar terkait
Media tanam ini terdiri dari wadah atau pot tanaman dan juga tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman. Jenis tanah sangat berpengaruh terhadap tanaman, jadi sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam dengan jenis tanaman yang yang akan di tanam.





2. Pemilihan Tanaman

Gambar terkait
Nah, untuk spesifikasi tanaman yang akan ditanam, kita bisa memilih tanaman yang cukup mudah dalam perawatannya agar memudahkan pekerjaan kita. Setiap tanaman memiliki karakterisik yang berbeda dalam perawatan dan juga bisa sangat sensitive.
 
 


3. Pemilihan Tempat 

Hasil gambar untuk pemilihan tempat tanaman hias Untuk pemilihan tempat, kita sebaiknya memilih lokasi yang mendapat asupan matahari yang cukup, artinya tidak terlalu sering terpapar tapi juga tidak kekurangan sinar matahari.



4. Perawatan 

Hasil gambar untuk pemupukan tanaman hias  
Perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman. Kita perlu menyiram tanaman secukupnya untuk menghindari pembusukan pada akar tanaman. Dan jangan lupa untuk menggunakan pupuk kompos untuk pemupukan.
Tapi, jika sulit mendapatkannya, kita juga bisa menggunakan pupuk buatan pabrik.



5. Perairan


Hasil gambar untuk penyiraman tanaman hias 
Air berguna untuk mengontrol suhu saat udara panas, inilah yang membuat air begitu penting. Oleh karena itu penyiraman sangat berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, Kekurangan air memberi dampak layu pada daun.
Layu pada daun disebabkan oleh penguapan dalam sel tanaman akibat kekurangan kadar air dan juga suhu udara di sekitar yang panas. Tapi, penyiraman terlalu banyak juga berdampak buruk terhadap tanaman.
Apalagi tanaman dalam pot. Ini akan membuat media tanam menjadi lumpur lebih lama sehingga membuat akar tanaman membusuk. 



6. Hama Tanaman 

Gambar terkait
Hama pada tanaman hias jika tidak segera diatasi pasti akan mengganggu pertumbuhan tanaman hias kita. Hama seperti ulat, serangga, lalat dan juga jamur sering kita temukan pada tanamn hias.
Untuk itu, kita perlu melakukan penyemprotan anti hama terhadap jenis tanaman hias yang mudah terkena hama jika hama mulai menyerang.


7. Pemangkasan

Hasil gambar untuk pemangkasan tanaman hias 
Untuk menambah unsur estetika dari tanaman hias kita, agar tumbuh rapi dan teratur, kita perlu melakukan penataan terhadap ranting dan tangkai. Cara ini bisa Anda lakukan dengan pemangkasan.
Pemangkasan tanaman juga penting agar memicu tunas dan daun baru sehingga tumbuh bersamaan. 



8. Penggantian Media Tanam 

Hasil gambar untuk pergantian media tanam tanaman hias
Hal ini dilakukan terhadap tanaman dalam pot yang disebabkan oleh penuhnya akar sehingga dapat menghambat pertumbuhan. Penggantian media tanam tergantung pada jenis tanaman. 


Memang tidak mudah melakukannya, tapi jika ditekuni dan terus menambah wawasan tentang cara budidaya tanaman maka tidak ada yang tidak mungkin untuk dapat berhasil dalam budidaya tanaman hias. Semoga artikel tentang cara budidaya tanaman hias ini bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar