Sabtu, 25 Februari 2017

CARA MENANAM BUNGA KEMUNING


TANAMAN HIAS  BUNGA KEMUNING    
            ( murraya paniculata )
Bunga "Kemuning" biasanya tumbuh di semak-semak. Dan banyak kita jumpai di tepi hutan yang masih jarang terjamah orang. Di alam bebas tanaman ini bisa tumbuh sampai 8 meter.  Umumnya bunga "Kemuning" ditanam sebagai pagar pekarangan. Namun seiring dengan perkembangan zaman  tanaman ini mulai dibudidayakan sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan mulai banyaknya pecinta tanaman hias yang menyukai tanaman ini. Dengan tekstur bentuk batang yang beralur, berdaun kecil tapi lebat, bercabang banyak, dan tidak berduri maka banyak dimanfaatkannya untuk tanaman bonsai. Namun yang menjadi ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya yang menebar wangi yang sangat harum dan hanya terjadi di malam hari.  
Klasifikasi ilmiah bunga kemuning :
Tanaman KEMUNING (Murraya paniculata [L..] Jack.)
Sinonim :
= M. banati Elm. = M. exotica, Linn. = M. exotica var. sumatrana Koord. et Val. = M. glenieli Thw. = M. odorata, Blanco. = M. sumatrana, Roxb. = Chalcas paniculata, Linn. = C. camuneng Burm.f. = C. intermedia, Roem. = Connarus foetens, Blanco, = C. santaloides, Blanco.
Familia : Rutaceac



CARA MENANAM BUNGA KEMUNING  

Daun tanaman bunga "Kemuning" seperti daun jeruk hanya saja lebih kecil. Buahnya berjumlah banyak dan berwarna merah ketika buahnya sudah tua. Biji-biji ini mudah berkecambah. Daunnya berukuran kecil tapi lebat sehingga cocok sebagai tanaman hias.

1. CARA MENANAM BUNGA KEMUNING DENGAN BIJI 


  • Pembibitannya bisa dilakukan dengan biji dari buah yang telah berwarna merah tua, sebelumnya jemur dulu sampai kering dan disimpan di plastik atau toples untuk tetap terjaga dan kering.
  • Biasanya tanaman bunga "Kemuning" ditanam di polybag, pot dan juga pada perkarangan rumah, dan bila kamu ingin menanamnya maka yang mesti disediakan yaitu campuran tanah dengan pupuk kompos, atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Aduk dengan rata dan di tempatkan di media tanam.
  • Berikutnya dimasukkan biji "Kemuning" yang tadi ke media tanam, dan tutup dengan tanah dan siram jika dibutuhkan atau tanahnya terlihat mengering.   

2. CARA MENANAM BUNGA KEMUNING DENGAN CANGKOK 


  • Pilih batang yang telah seukuran minimal satu jari telunjuk orang dewasa.
  • Pilih batang atau cabang yang arah tumbuhnya ke atas.
  • Kerat kulitnya sepanjang sekitar 3 cm.
  • Kerok bagian kayunya sampai terasa kasar. Ini tandanya bagian kambiumnya sudah terbuang habis. Biarkan selama 1-2 hari.
  • Siapkan lembaran plastik dan media tanam berupa tanah halus atau moss.
  • Bungkus bagian batang atau cabang yang telah dikerat.
  • Bagian batas keratan harus berada di dalam bungkusan.
  • Pertahankan kelembaban media tanam dengan menyiramnya secara rutin.
Kelebihan perbanyakan vegetatif ini yaitu tidak memerlukan waktu lama untuk mendapatkan bibit tanaman "Kemuning" berukuran besar. Seperti yang telah diketahui bersama, tumbuh kembang batangnya butuh waktu yang amat lama untuk meraih ukuran jari telunjuk orang dewasa, jika diperbanyak dengan cara biji akan membutuhkan waktu yang lama.



CARA MERAWAT BUNGA KEMUNING 
 
Tanaman ini tidak membutuhkan penyiraman terlalu banyak. Hanya saja kita juga harus melihat kondisi media tanamnya agar tidak kering. Siram seperlunya saja untuk menjaga kelembaban. Dengan pemberian pupuk kandang atau kompos yang cukup maka tanaman akan cepat besar dan bunganya akan cepat mekar. Sebaiknya kita memberikan pupuk dalam satu bulan sekali saja supaya tanaman tumbuh dengan maksimal. Untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak, cara perbanyakan dengan biji sangat disarankan. Tanaman "Kemuning" termasuk tanaman hias. Dia bisa dibentuk menjadi bonsai, tanaman pagar atau tanaman hias pengisi sela taman.




MANFAAT BUNGA KEMUNING

Kandungan:
Daun "Kemuning" mengandung bisabolene, methyl-anthranilate, cadinene, Carene-3, P-earyophyllene, geraniol, eugenol, s-guaiazulene, sitronelol, coumurrayin, metil salisilat-, tanin, paniculatin, dan osthole. Kulit kayunya mengandung mexotioin, 5-7-dimetoksi-8- (2.3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Sementara bunga kuning yang mengandung scopeletin, dan buah yang mengandung semi-ec-carotenone. Dengan kandungan anti-biotik yang banyak tanaman ini dipercaya dapat mengobati banyak penyakit. 
BERIKUT MANFAAT BUNGA KEMUNING : 

1. Obat Bisul
  • Kering akar kuning sebanyak 30 g dicuci dan dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air sampai air rebusan tersisa l cangkir. Saring kemudian minum 2 kali dalam sehari, masing-masing 1/2 gelas.
2. Obat Rematik
  • Kering akar kuning sebanyak 15-30 g dicuci lalu dipotong. Tambahkan anggur dan air masing-masing 1 1/2 gelas, kemudain rebus hingga tinggal 1 gelas. Tunggu samapi dingin kemudian disaring. Setelah itu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. 
3. Memar
  • Bunga "Kemuning" pilih yang masih segar, dicuci dan digiling halus. Tambahkan anggur sedikit sambil diaduk di api. Setelah hangat ditempelkan dibagian yang memar.
4. Obat Nyeri Sendi
  • Akar kuning dan daun  Lantana camara  dicuci, tambahkan 3 pasang kaki ayam. Semua bahan dipotong lalu tambahkan air secukupnya. Semua bahan kemudian dikukus. Hangat dan airnya diminum sekali.
5. Obat Sakit Gigi
  • Minyak dari kulit kuning terbakar diteteskan ke gigi berlubang.
6. Pelangsih Tubuh
  • Daun kuning dan daun noni segar ( Morinda citrifolia ) setiap segelintir dan temu giring sebagai 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil aduk rata. Peras dengan sepotong kain, air dikumpulkan diambil sekali di pagi hari sebelum makan.
7. Radang Skrotum
  • Ambil daun kuning segar sebanyak 60 g dan pahit herbal sebanyak 35 g dicuci dan direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas air. Tunggu sampai dingin lalu disaring, kemudian diminum 2 kali sehari ½ cangkir. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
8. Infeksi Saluran Kemih
  • Daun kuning segar sebanyak 35 g dicuci lalu tambahkan 3 gelas air bersih. Rebus sampai tinggal setengah. Tunggu sampai dingin disaring kemudian diminum 3 kali sehari.
9. Datang Haid Tidak Teratur
  • Daun kuning dan kuku daun henna ( Lawsonia inermis ), temulawak 1 jari, kemudian cuci dan rajang. Lalu tuangkan 3 gelas air bersih kemudain direbus sampai tersisa 1 gelas. Tunggu sampai dingin lalu saring dan minum 2 kali.
10. Kulit Kasar
  • Daun "Kemuning" segar sebanyak 30 g dicuci lalu ditumbuk lumat. Tambahkan 1 cangkir air, aduk merata. Setelah jadi gosokan pada kulit yang kasar sebelum anda tidur. 
 Demikian tulisan yang saya buat , semoga bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kita lebih dekat dengan alam.

2 komentar:

  1. bisa dijadikan tanaman pot juga ngga ya? apa harus dipindah ke taman?

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya infonya. Saya lagi cari yang Jual Bunga Mawar Murah Tapi saya juga mesti tau sedikit cara menanam atau merawat bunga yang baik. Lewat artikel ini saya jadi ada gambaran. Makasih ya. Ditunggu update selanjutnya.

    BalasHapus