Rabu, 01 Maret 2017

JENIS DAN MANFAAT BUNGA WIJAYA KUSUMA YANG MISTIS

Wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) merupakan salah satu tanaman hias berbunga yang berasal dari Kawasan Amerika seperti Mexico yang diantaranya ada Jalisco, Nayarit, Colima, Guerrero, dan Matanego yang masuk dalam golongan tanaman kaktus.
Tanaman ini memiliki kemampuan hidup di daerah yang beriklim sedang maupun beriklim tropis. Namun, tidak semua jenis tanaman Wijaya kesuma bisa berbunga karena hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Faktor-faktor yang kami maksudkan diantaranya adalah keadaan iklim, kesuburan tanah, dan juga cara pemeliharaan ataupun perawatan.

Gambar terkait 
Berbeda dengan tanaman kaktus lainnya, bunga Wijayakusuma tergolong tanaman yang mudah dikenali morfologinya seperti daun, batang, maupun bagian-bagian lainnya.
Di kalangan masyarakat dan keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta, mempercayai bahwa seorang raja yang akan naik tahta harus mempunyai bunga Wijayakusuma hasil dari tanamannya sendiri, sebagai salah satu syarat utama.
Bagi keluarga keraton, Bunga ini dianggap sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna.


Ciri-ciri bunga Wijayakusuma:
  • Batang induknya berbentuk silinder
  • Tinggi batang bisa mencapai 2-3 meter
  • Daunnya memiliki panjang antara 13–15 cm.
  • Setiap helain daun berbentuk pipih serta berwarna hijau
  • Permukaan daun bertekstur halus tanpa duri
  • Selanjutnya setiap tepian daun berbentuk lekukan-lekukan yang menjadi tempat tumbuhnya tunas-tunas baru
  • Bunganya memiliki diameter 10 cm yang berwarna putih dan hanya mekar di malam hari.
  • Selain bunga, tanaman ini juga menghasilkan buah, buahnya berbentuk bulat berwarna merah dan mempunyai biji yang berwarna hitam.

Jenis-Jenis Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijayakusuma merupakan tanaman bunga yang berasal dari genus epiphyllum, dimana dalam genus ini memiliki banyak spesies yang bunganya tidak kalah indah dengan bunga wijayakususma.
Berikut ini adalah bunga-bunga yang berasal dari genus Epiphyllum, saudara wijayakusuma.


Epiphyllum Pumilum

 Hasil gambar untuk Epiphyllum pumilum 
Epiphyllum pumilum adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko (Vera Cruz, Tabasco, Oaxaca, Chiapas dan Guatemala.
Sama halnya dengan bunga wijaya kusuma tanaman ini biasa dijadikan tanamn hias di rumah.
Ciri-ciri: bunganya berwarna kuning keputih-putihan atau kream dan beraroma wangi serta berdiameter 10-15 cm, Batangnya berbentuk silinder dengan tinggi bisa mencapai 80-150 cm.


Epiphyllum Crenatum

Hasil gambar untuk Epiphyllum crenatum 
Epiphyllum crenatum adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Mexico ( Oaxaca & Chiapas ) dan Honduras.
Ciri-ciri: memiliki daun berwarna hijau keabu-abuan, bunganya berwarna putih kream dan memiliki panjang sekitar18-29 cm dengan panjang diameter 15-20 cm serta beraroma harum.
Selain itu, epiphyllum jenis ini memiliki bunga yang berbentuk bulat lonjong dan berbiji hitam.


Epiphyllum Laui

Hasil gambar untuk Epiphyllum laui 
Epiphyllum laui adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko (Chiapas).
Ciri-ciri: tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 30-50 cm. Bunganya memiliki panjang 15-16 cm, dan berdiameter 14-16 cm serta bunganya berwarna putih kream.
Daunnya berwarna hijau, berliku namun tidak tajam dan memiliki panjang sekitar 13-15 cm. Tanamn ini memiliki buah berbentuk lonjong berukuran 6-7 cm, dengan ketebalan daging sekitar 3-4 cm.
Daging buah umumnya berwarna merah, putih, atau merah muda ketika sudah matang. Sedangkan, bijinya berbentuk bulat telur hitam, berukuran 2 x 1 mm.


Epiphyllum Oxypetalum

Gambar terkait 
Epiphyllum oxypetalum adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Amerika Selatan, Meksiko Selatan dan China.
Ciri-ciri: Batang berbentuk selinder, daunnya berwarn hijau gelap dengan panjang 4 cm, dan lebar 1 cm.
Bunganya saat mekar bisa mencapai panjang 30 cm dan berdiameter 17 cmdengan aroma yang wangi dan khas.
Bunganya berwarna kream atau putih, dan kadang kuning. Buahnya berbentuk lonjong, berukuran panjang x diameter = 12 x 8 cm dan berwarna merah keunguan.


Epiphyllum Phyllanthus

Hasil gambar untuk Epiphyllum Phyllanthus Epiphyllum Phyllanthus atau kaktus tebing adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko.
Daunnya bergerigi lembut,. Bunganya akan mekar saat malam hari tiba dan menghasilkan aroma yang kuat.


Phyllanthoides Disocactus 

Gambar terkait 
Phyllanthoides Disocactus atau bunga permaisuri Jerman, adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Amerika Selatan dan Mesoamerik.
Masyarakat Amerika Selatan kuno dan Mesoamerika. Tanaman ini disebut Nopalxochitl oleh suku Aztec.
Ciri-ciri: tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggiannya mencapai 1 m, memiliki cabang primer yang berukuran 40 cm dengan ketebalan berkisar 6 mm.
Panjang daunnya berkisar antara 15-30 cm, dan lebar 2,5-5 cm dengan bentuk daun bergiri lembut.
Bunganya berbentuk lonceng dengan panjang 8-10 cm, dan berdiameter 7-9 cm, warnanya berwarna merah muda dan kadang ungu.



Epiphyllum Caudatum
Gambar terkait
Epiphyllum caudatum adalah satu diantara jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko (Vera Cruz, Tabasco, Oaxaca, Chiapas) dan Guatemala.
Ciri-ciri: bantang berbentuk selinder dengan tinggi berkisar antara 80-150 cm. Daunnya berwarna hijau dengan panjang berkisar antara 10-60 cm dan lebar 3-8,5 cm.
Bunganya memiliki panjang 10-15 cm, dengan aroma harum yang khas dan berwarna putih kehijauan.


Epiphyllum Chrysocardium

 Hasil gambar untuk Epiphyllum chrysocardium 
Epiphyllum chrysocardium adalah satu diantara jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Gurley, Alabama dan California (Agustus, Castro Valley, Garden Grove, Lakeside).
Ciri-ciri: daunnya memiliki panjang 15-30 cm dan berdiameter 6-12 cm serta berwarna hijau terang dengan bentuk bergerigi lembut.
Bunganya berwarna putih kream, atau ada juga yang menyebutnya golden heart.


Epiphyllum Hookeri

Hasil gambar untuk Epiphyllum Hookeri 
Epiphyllum Hookeri adalah satu diantara jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang dapat kita temukan di California (Fontana, Garden Grove, San Diego, Woodcrest).
Ciri-ciri: tanaman ini mampu tumbuh hingga 90-120 cm dan berdiameter batang 36-48 mm. Bunganaya berwarna putih dengan tangkai putik berwarna ungu atau merah muda, begitu indah.
Mahkota bunganya berjumlah anatara 20-25 helai, jika lihat dari jauh seperti bunga teratai yang sedang mekar.



Mitos Tentang Bunga Wijayakusuma

Bunga ini sangat dekat dengan mitos-mitos di masyarakat terutama masyarakat di pulau Jawa.
Hal ini bisa kita lihat mulai dari namanya yang menyerupai nama seorang raja, kata wijaya kusuma sendiri  berasal dari dua suku kata yaitu, wijaya yang memiliki arti kemenangan dan kusuma yang berarti tegak sehingga kata wijayakusuma dapat kita artikan sebagai suatu kemenangan mutlak yang dimiliki oleh seorang raja.
Selain itu, yang lebih ajaibnya lagi kita tidak bisa mengetahui secara pasti kapan waktunya bunga ini mekar. Secara umum bunga ini hanya mekar di malam hari, namun kita tidak bisa memastikannya secara pasti. Hal inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya dan menganggapnya sebagai misteri.
Selain itu, masyarakat meyakini bahwa bunga wijaya kusuma sebagai pembawa rezeki, mereka percaya jika ada orang yang melihat bunga wijaya kusuma mekar maka ia akan memperoleh rezeki yang tak terduga.

Terlepas dari banyaknya mitos tentang bunga ini, kami pada kesempatan kali ini akan memfokuskan ulasan ini pada manfaat bunga wijaya kusuma bagi kesehatan kita.
Sebelum kami menjelaskan tentang manfaat bunga wijaya kusuma, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja kandungan yang terkandung dalam bunga wijaya kusuma. Kandungan tersebut diantaranya adalah:
  • Glukosa, yang memunculkan rasa manis pada bunga wijaya kusuma
  • Asam sitrat, yang memunculkan rasa asam pada bunga wijaya kusuma
  • Memiliki PH- netral
  • Mengandung mint, sehingga terasa sejuk di tenggorokan
Adapun bagian bunga wijayakusuma yang bisa digunakan untuk pengobatan adalah bunga dan daunnya saja. Itulah sejumlah kandungan yang terkandung dalam bunga wijaya kusuma.
Untuk melengkapi ulasan kali ini, kami akan menyampaikan tentang manfaat bunga wijaya kusuma.

Mengatasi batuk berdahak (TBC) 
Tuberkolosis atau TBC adalah salah satu penyakit mematikan di dunia, ciri-ciri dari penyakit ini adalah batuk berdahak yang tak henti-henti.
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang menempel di tenggorokan, jika terus dibiarkan akan menjadi masalah besar bahkan yang paling parah bisa mengakibatkan kematian.
Cara penyembuhan TBC dengan bunga wijaya kususma adalah dengan merebus 3-5 kuntum bunga wijayakusuma yang dicampur dengan air dan gula aren sebanyak 15 gram.
Rebus sampai mendidih, baru kemudian didinginkan sesaat agar siap diminum. Minumlah ramuan ini sebanyak dua kali sehari setiap hari hingga sembuh.

Mampu meredam/meminimalisir rasa sakit dan menetralisir pembekuan darah
Bunga ini juga mampu mempercepat penyembuhan untuk luka abses (luka yang diakibatkan infeksi bakteri sehingga menimbulkan nanah).
Cara mengobatinya adalah dengan cara menumbuk satu helai daun wijayakusuma sampai halus kemudian oleskan tumbukan tersebut pada luka, dan terakhir gunakan bantuan perban untuk membungkus luka yang telah diolesi tumbukan daun agar tidak kemana-mana.
Disamping itu, bunga ini juga dipercaya mampu mengobati penyakit bisul, caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan bunga pada bisul tersebut sebelum tidur dan lakukan secara terus-menerus sampai sembuh.

Mengatasi Penyakit Asma
Selain itu, Wijayakusuma juga bisa kita jadikan sebagai obat anti radang, obat batuk, juga pendarahan (hemostatis), mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah.
Itulah sejumlah manfaat dan khasiat dari bunga wijaya kusuma. Disamping mempunyai keindahan yang eksotis dan menyimpan banyak teka-teki soal waktu kemekarannya, bunga ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kita sebagaiaman yang telah kami sampaikan di atas.
Dengan alasan itulah, jangan heran jika ada banyak orang yang ingin menanam dan membudidayakannya di rumah, mungkin termasuk juga teman-teman.
Bagi teman-teman yang ingin menanam, ada beberapa tips dan trik yang hendaknya dijadikan referensi, antara lain :
  • Letakkan bakalan bunga wijaya kusuma di tempat yang teduh atau tidak terkena pparan matahari secara langsung.
  • Gunakan media tanamn berupa, pasir sedikit saja, kemudian sisa potongan kayu, dan tambahkan pupuk organik
  • Pilihlah cabang yang berkualitas, misalnya berdaging daun tebal
  • Selanjutnya potonglah daun tersebut sepanjang 15 cm dan simpan ditempat yang teduh dan kering.
  • Siapkan pot yang berukuran kecil saja, umumnya bunga ini mampu tumbuh dengan akar yang berdesak desakan
  • Jangan lupa lakukan perawatan dan pemeliharaan yang ekstra untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas baik, karena bunganya hanya akan mekar jika perawatannya baik.
Demikian ulasan tentang jenis dan manfaat bunga wijaya kusuma, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita.

3 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,,
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)


    BalasHapus
  2. Terima kasih, tulisannya sangat bermanfaat.

    BalasHapus