Sabtu, 25 Februari 2017

MANFAAT DAN FUNGSI TANAMAN HIAS UNTUK KESEHATAN DAN LINGKUNGAN KITA

Tanaman hias merupakan tanaman yang berfungsi untuk memperindah ruangan dan halaman rumah. Selain itu tanaman hias dengan jenis tertentu memiliki fungsi tertentu. Tanaman disebut sebagai penghias dikarenakan bentuk, warna dan coraknya yang indah. Berbeda dengan corak dari tanaman biasa. Tanaman hias memiliki berbagai macam manfaat yang belum banyak diketahui orang. Yang mereka tahu tentang tanaman hias hanyalah memiliki manfaat untuk membuat halaman rumah dan ruangan rumah menjadi lebih cantik. Selain itu banyak yang tidak tahu apa saja manfaat tanaman hias untuk kehidupan ini. Tanaman hias memiliki berbagai macam manfaat, tidak hanya sebagai penghias ruangan dan halaman rumah saja. Namun juga bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan kita.  



Manfaat Tanaman Hias Untuk Kesehatan 

 

Hasil gambar untuk tanamanhias dalam ruangan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa tanaman hias mengambil peranan penting dalam kehidupan ini. Bukan hanya sebagai penghias saja, namun yang lebih penting lagi ialah sebagai penghasil oksigen yang merupakan kebutuhan kita untuk bernafas. Jika dibahas lebih dalam, zat hijau daun juga mampu untuk terapi pandangan / menjernihkan dan menyejukkan mata, mencegah sesak nafas, dan lain sebagainya.


Berikut manfaat tanaman hias untuk kesehatan kita ;
Mengurangi Debu Dalam Ruangan : Tanaman hias jika diletakkan di dalam ruangan dia bisa berfungsi sebagai pengurang debu di dalam ruangan. Alasannya adalah Tanaman hias menciptakan kelembaban. Kelembaban tersebut bisa mengurangi jumlah debu yang ada di dalam ruangan. Kelembaban juga bisa menyerap debu yang ada di dalam ruangan. 

Menyegarkan Ruangan : Ruangan yang segar juga akan ditimbulkan dan diciptakan dengan adanya tanaman hias. Hal itu dikarenakan saat tanaman hias melakukan proses fotosintesis, dia akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Ruangan yang memiliki banyak oksigen akan terasa lebih menyejukkan dan menyegarkan dibandingkan dengan ruangan yang penuh dengan karbondioksida. Ruangan segar lebih sehat untuk pernafasan.  

Sebagai Aroma Terapi : Jenis tanaman hias dengan jenis tertentu ada yang berfungsi sebagai aroma terapi dikarenakan harumnya yang menawan. Dengan aroma terapi yang dikeluarkan, bisa menimbulkan efek tenang dan menimbulkan rasa segar. Orang juga bisa melakukan relaksasi menggunakan tanaman hias tersebut. Tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai aroma terapi adalah jenis lavender. 

Membunuh Bakteri : Tanaman dengan jenis eucalyptus bermanfaat untuk membunuh bakteri karena sifatnya sebagai antiseptik alami. Saat anda pusing karena flue dan batuk , hiruplah aroma dari bunga ini. Sakit kepala diakibatkan oleh flu akan mereda sedikit demi sedikit.
Mengatasi Stress : Tanaman hias juga bisa dijadikan sebagi penghilang stress. Hal itu disebabkan oleh tanaman hias yang memiliki corak, bentuk dan beraneka warna yang indah akan membuat mata menjadi segar. Tidak hanya itu saja produksi oksigen yang banyak juga bisa menyegarkan badan dan pikiran. Sehingga saat mata, badan dan pikiran segar kembali stress akan teratasi.



Manfaat Tanaman Hias Untuk Lingkungan  


Hasil gambar untuk taman alami bunga sakura yang indah

Fungsi ini tergantung pada tempat yang kita kehendaki. Namun secara mudahnya, disesuaikan dengan namanya yaitu untuk menghias dan memperindah pemandangan sekitar. Jika didalam ruangan, tanaman ini mampu menyerap polusi seperti kotoran dan karbondioksida yang intinya membersihkan udara dalam ruangan. Dan jika diluar ruangan, hal yang bisa didapat contohnya sebagai peneduh dan lain sebagainya.
 
Berikut manfaat tanaman hias untuk lingkungan kita ;

Mengurangi Suara Bising : Bagi anda yang memiliki rumah tepat di pinggir jalan, ada baiknya anda menanam tanaman hias untuk meredam bising. Suara bising bisa dihasilkan dari suara kendaraan bermotor dan juga aktivitas beberapa orang yang lewat di jalan tersebut. Tanaman hias jenis semak dan rumput bisa meredam bising dikarenakan sifatnya seperti karpet kedap suara. 

Penyejuk Ruangan Alami : Tanaman hias dengan jenis rambat bisa mendinginkan dan menyejukkan ruangan secara alami. Jika tanaman hias tersebut anda rambatkan ke tembok, tanaman hias itu bisa menghindari sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Dengan begitu suasana rumah menjadi dingin dan sejuk sebab jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tidak terlalu banyak.  

Menyimpan Cadangan Air : Sama halnya dengan tanaman yang lainnya, tanaman hias juga  bermanfaat untuk menyimpan cadangan air hujan yang turun ke atas permukaan bumi. Lahan rumah yang tidak ditumbuhi tanaman akan terlihat kering dan juga gersang. Selain itu jumlah air tanahnya lebih sedikit dibandingkan dengan lahan yang ada tanamannya. 

Memperindah Ruangan : Tanaman hias bunga akan memperindah ruangan khususnya ruang tamu. Gunakanlah tanaman yang masih berakar, jangan menggunakan tanaman yang sudah dipotong. Selain membunuh tanaman, bunga itu akan mudah layu. 

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat dan fungsi tanaman hias untuk kesehatan dan lingkungan kita yang mungkin selama ini kita kurang menyadarinya. Setelah membaca artikel ini semoga anda tidak ragu lagi untuk memiliki tanaman hias di rumah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar