Minggu, 26 Februari 2017

CARA MENANAM BUNGA KACA PIRING / GARDENIA DALAM POT

Cara menanam bunga Kaca piring / Gardenia di pot-Bunga Kaca Piring Gardenia augusta ) adalah tanaman perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum. Tanaman juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum. Kacapiring merupakan perdu tegak dengan tinggi 1-2 meter, batangnya berkayu, bercabang, ranting mudanya terlapis lilin,dengan warna hijau kecoklatan. 
Di Pulau Bali tanaman ini dinamakan jempiring, merupakan maskot kota Denpasar. Dengan bunga yang berwarna putih polos tampak dominan dari warna daunnya yang hijau tua mengkilap. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah aroma bunganya yang sangat harum. Bahkan beberapa kuntum bunga kaca piring dapat mengharumkan ruangan yang berukuran 3 x 3 m.
Jadi kita tidak perlu lagi membeli pengharum ruangan kimia yang membawa dampak kurang baik untuk kesehatan. Kesadaran untuk hidup alami harus terus dikembangkan demi kesehatan kita semua. Pada umumnya bunga kaca piring ( Gardenia ) banyak ditanam sebagai tanaman hias. Namun ada juga yang memenfaatkannya sebagai tanaman pagar. 



Klasifikasi ilmiah bunga kaca piring : 
Kerajaan: Plantae 
Divisi: Magnoliophyta  
Kelas: Magnoliopsida   
Ordo: Rubiales    
Famili: Rubiaceae    
Genus: Gardenia   
Spesies: G. augusta        
   Nama binomial  
 Gardenia augusta  
    (L.) Merr.  

CARA MENANAM BUNGA GARDENIA DALAM POT

      
Sebagian besar varietas gardenia tumbuh subur di daerah berkelembapan tinggi dan banyak curah hujan. Varietas tertentu yang sangat kuat bahkan mampu melewati musim dingin dengan beberapa perlindungan, sementara varietas yang lain bisa ditanam dalam pot dan diletakkan di ruang dalam saat temperatur di luar mulai mengganggu.
  • Beberapa varietas yang sesuai untuk ditanam di ruang luar pada iklim yang hangat antara lain Golden Magic, Aimee, August Beauty, Miami Supreme, dan Mystery.
  • Varietas yang relatif kuat (memiliki daya tahan) terhadap temperatur dingin, antara lain Chuck Hayes, Klein’s Hardy, Grif’s Select, dan Shooting Star.
  • Varietas yang tumbuh dengan baik dalam pot yang bisa dibawa ke dalam ruang saat musim dingin, antara lain White Gem, Veitchii, Radicans, dan Kimura Shikaaki.  
Berikut cara menanam bunga kaca piring di pot :

1. Pilih pot dengan lubang drainase yang bagus. 
Carilah pot dengan ukuran sedikit lebih lebar dan dalam dari diameter bola akar gardenia yang hendak Anda tanam. Pastikan Anda memilih varietas gardenia yang sesuai untuk pertumbuhan di dalam pot, sehingga gardenia tidak akan tumbuh melebihi kapasitas pot. 
2. Isi pot dengan campuran media tanam.  
Pilihlah campuran media tanam yang bagus untuk tanaman dalam pot tanpa perlu menambahkan pupuk. Pastikan campuran media tanam tersebut memiliki pH di bawah 6. Masukkan campuran media tanam secukupnya ke dalam pot sehingga bagian teratas akar berada sekitar 3,8 cm di bawah lingkaran permukaan pot. 

3. Tambahkan air hangat ke dalam media tanam hingga basah. 
Aduklah secara merata hingga tidak ada lagi bagian tanah/media tanam yang masih kering. 

4. Posisikan gardenia pada bagian tengah pot. 
Lalu masukkan campuran tanah ke dalam pot hingga menutup gumpalan akar gardenia. 

5. Tambahkan pupuk. 
Larutkan dalam air pupuk asam yang diformulasikan untuk gardenia sesuai petunjuk pada kemasan untuk tanaman pot. Siramkan larutan pupuk tersebut ke dalam pot hingga air mengalir keluar dari dasar pot.


 

                      CARA MERAWAT BUNGA GARDENIA

  
1. Tambahkan lebih banyak campuran media tanam, jika campuran tersebut berada di bawah gumpalan akar.
Campuran tersebut harus berada kira-kira 2,54 cm dari ruang antara lingkaran atas pot dan bagian teratas media tanam dalam pot.

2. Letakkan pot di area yang terang. 
Gardenia dalam pot sangat cocok untuk diletakkan di beranda atau yang mendapat cahaya matahari. Pastikan pot tersebut tidak tertutup oleh bayangan, karena bisa membuatnya tidak berbunga.

3. Siramlah gardenia pada waktu yang sama seminggu sekali.  
Gardenia dalam pot hanya perlu disiram seminggu sekali. Sekali seminggu pada pagi hari pada waktu yang sama, siramlah gardenia dengan curah air yang cukup. Siramlah akarnya dan bukan daunnya! Hal itu untuk menjaga agar sinar matahari tidak membakar tanaman.
 
4. Pada musim dingin, letakkan pot didalam rumah. 
Jika Anda tinggal di daerah dingin maka Anda perlu meletakkan gardenia di dalam rumah selama musim dingin. Sebelum jatuhnya embun pertama musim gugur, bawalah pot ke dalam rumah dan letakkan di ruangan yang terang dan lembap. Jika udara ruangan di mana gardenia diletakkan kering, hidupkanlah mesin pelembap udara untuk menjaga agar kelembapan cukup tinggi sebagaimana dibutuhkan tanaman gardenia.

5. Ganti pot setiap dua tahun pada musim semi. 
Setelah kira-kira dua tahun, perlahan pertumbuhan gardenia cenderung semakin besar melebihi ukuran pot. Pada saat itu, belilah pot dengan ukuran lebih besar dan lakukan pengepotan ulang. Dengan demikian gardenia Anda akan tetap tumbuh sehat.




MANFAAT BUNGA  GARDENIA  
  
Manfaat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan sangatlah beragam, di China, bunga kaca piring ini dijadikan sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya dapat dimakan dan digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan (seperti kunyit).

Sifat dan khasiat
Buah mengandung minyak asiri, gardenin, gardenosid, geniposid, genipin, gentiobioside, gardoside (8,10 dehydrologanin), scandoside menthyl ester, glikosid, sitosterol, mannitol, nonacosane, krosetin, krosin, klorogenin, tannin, dan dekstrose. Gardenin adalah kloroform berwarna kuning emas, larut dalam alcohol dan kloroform. Kulit buah mengandung ursolic acid. Daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Kandungan-kandungan itulah yang telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bagian yang digunakan
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah buah masak (zhi zi) dan akarnya. Daun dan bunga juga digunakan sebagai obat. Buah dipetik setelah masak, lalu kukus atau rebus sebentar sebelum dikeringkan untuk disimpan. Buah bisa digunakan segar atau setelah dikeringkan. Daun dipetik sepanjang tahun. Setelah dicuci bersih, lalu jemur sampai kering.

Berikut manfaat bunga kaca piring / Gardenia : 

1. Sariawan Untuk mengobati luka sariawan, tumbuk daun kacapiring sebanyak 7 lembar. Tambahkan secangkir air, peras dan campur airnya dengan 2 sdm madu murni. Campuran ini dapat digunakan sebagai obat sariawan, untuk dikonsumsi saat pagi dan malam hari.

Sumber asli: http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-kacapiring-sehat-cantik-kulit.html
1. Pemakaian luar :
  • perut kembung & panas pada anak-anak karena gangguan pencernaan ( disoensia ): 9 gr biji kacapiring mentah dihaluskan, ditambahkan sedikit tepung terigu dan putih telur, aduk sampai rata, dibentuk tipis, lalu ditempelkan pada pusar.
  • Bisul di kepala pada anak kecil: buah kacapiring yang mentah dihaluskan, lalu campurkan dengan putih telur, aduk hingga rata lalu oleskan pada bisul.
  • herpes simplek: buah kacapiring mentah, disangrai sampai kering, lalu digiling sampai bubuk,dicampur dengan jus lidah buaya  (aloe vera ), aduk rata, lalu oleskan pada bagian yang sakit.
  • luka memar karena jatuh/ terpukul: 15 gr biji kacapiring & 15 gr jahe ( zingiber officinale ), dicuci dan dihaluskan, aduk hingga rata, lalu tempelkan pada bagian yang sakit.
  • luka bakar: buah kacapiring dihaluskan, tambah sedikit air, aduk hingga rata, lalu oleskan pada bagian yang sakit. 
  • kesekeo: buah kacapiring secukupnya ditumbuk kasar, campur dengan air hangat, aduk rata, lalu dioleskan pada bagian yang sakit, dan ditutup dengan kain.
2. Pemakaian dalam :
  • radang saluran nafas ( bronkhitis ): 30-60 gr akar kacapiring & 10 gr jahe merah ( zingiber officinale ) direbus dengan menggunakan air sebanyak 500 cc hingga air tersisa 250 cc, disaring kemudian diminum airnya. 
  • sakit gigi: 9 gr buah kacapiring yang kering direbus dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc, saring kemudian airnya diminum selagi masih hangat.
  • demam karena angin dan panas: 9-12 gr buah kacapiring kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, disaring lalu kemudian airnya diminum.
  • batuk ( tusis ) karena gangguan paru-paru: 3 kuntum bunga kacapiring, dicuci dan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, setelah dingin lalu airnya diminum.
  • buang air besar mengandung darah: 30 gr buah kacapiring disangrai sampai hitam, lalu dihaluskan sampai bubuk, diseduh dengan air mendidih. minum selagi hangat.
  • kencing manis ( diabetes mellitus ): 30 gr daun kacapiring, 30 gr daun alpukat, direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum sekaligus, lakukan setiap hari secara teratur.
  • jantung berdebar keras ( palpitasi ): 30 gr daun kacapiring muda, 30 gr daun sembung manis ( blumea balsamivera ), 25 buah buni masak ( antidesma bunius ), 1 jari kayu manis ( cinamomum burmani ), 10 gr jahe ( zingiber officinale ) dan 30 gr gula enau ( arenga pinnata ), dicuci dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan menggunakan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. lalu kemudian diminum airnya setelah dingin, diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.
  • mimisan ( epistaxis ): 30 gr buah kacapiring ( untuk anak-anak 10 gr ), disangrai, dan 20 gr umbi anggrek tanah direbus dengan menggunakan air 500 cc sampai tersisa 250 cc, disaring lalu diminum airnya.
  • mata merah: 10 gr buah kacapiring kering & 50 gr akar alang-alang ( imperata cylindrical ), dicuci dan direbus dengan menggunakan 500 cc air sampai tersisa 250 cc, disaring kemudian diminum airnya. 
  • menambah nafsu makan ( stomakik ): 5-10 daun kacapiring dicuci bersih & dihaluskan kemudian diseduh dengan menggunakan air mendidih 200 cc, diamkan sebentar, tambahkan madu / gula aren ( arenga pinnata ) secukupnya , diminum airnya, lakukan 1 kali sehari.
  • lambung panas: 20 biji kacapiring disangrai sampai hitam, kemudian direbus dengan air secukupnya, tambahkan sedikit jahe ( zingiber officinale ), kemudian diminum airnya.
  • kencing mengandung darah ( hematuria ): 60 gr buah kacapiring & gula batu secukupnya direbus dengan menggunakan air 500 cc sampai tersisa 250 cc kemudian diminum airnya.
  • demam disertai mengigau: 30-60 gr akar kacapiring, dicuci dan direbus dengan air 500 cc sampai tersisa 250 cc, setelah dingin lalu airnya diminum.
  • sariawan ( aphthae ): 30 gr daun kacapiring & 15 gr daun saga ( abrus precatorius ) dicuci dan ditumbuk hingga halus, tambahkan air masak 200 cc lalu disaring, tambahkan 400 cc madu kemudian diminum 2x dalam sehari.
  • demam, meriang: 30 gr daun kacapiring dicuci & direbus dengan menggunakan air sebanyak 400 cc sampai tersisa 200 cc kemudian disaring, tambahkan gula pasir secukupnya, diaduk rata, kemudian diminum airnya. 
  • disentri yang disertai darah dan lendir: 30-60 gr akar kacapiring & gula batu secukupnya direbus dengan menggunakan  500 cc air sampai tersisa 200 cc kemudian diminum airnya.
  • kejang jantung ( angina pectoris ): 30 gr daun kacapiring, 30 gr daun sembung ( blumea balsamifera ), 15 gr daun dewa ( gynura segetum ) & 30 gr daun enau ( arenga pinnata ), dicuci dan dipotong-potong seperlunya kemudian direbus dengan air 600 cc sampai tersisa 300 cc, setelah dingin kemudian disaring lalu diminum untuk 3x dalam sehari @100 cc air.
  • muntah darah ( hematemesis ): 9 gr buah kacapiring kering & 60 gr akar alang-alang ( imperata cylindrica ) direbus dengan menggunakan air 500 cc sampai tersisa 250 cc kemudian diminum airnya.
  • sakit kuning (  jaundice ): akar kacapiring direbus kemudian diminum airnya.
Dosis sesuai umur :
balita 3-4 tahun : dosis 20 gr
anak-anak 5-7 tahun : 30 gr
anak-anak 8-10 tahun : 45 gr
anak-anak 11-15 tahun : 60 gr
diatas 16 tahun : 90 gr.

1. Sariawan Untuk mengobati luka sariawan, tumbuk daun kacapiring sebanyak 7 lembar. Tambahkan secangkir air, peras dan campur airnya dengan 2 sdm madu murni. Campuran ini dapat digunakan sebagai obat sariawan, untuk dikonsumsi saat pagi dan malam hari.

Sumber asli: http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-kacapiring-sehat-cantik-kulit.html
1. Sariawan Untuk mengobati luka sariawan, tumbuk daun kacapiring sebanyak 7 lembar. Tambahkan secangkir air, peras dan campur airnya dengan 2 sdm madu murni. Campuran ini dapat digunakan sebagai obat sariawan, untuk dikonsumsi saat pagi dan malam hari.

Sumber asli: http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-kacapiring-sehat-cantik-kumenambah nafsu makan (stomakik): 5-10 daun kacapiring dicuci bersih & dihaluskan kemudian diseduh dengan menggunakan air mendidih 200 cc, diamkan sebentar, tambahkan madu/ gula aren (arenga pinnata) secukupnya , diminum airnya, lakukan 1 kali seharlambung panas: 20 biji kacapiring disangrai sampai hitam, kemudian direbus dengan air secukupnya, tambahkan sedikit jahe (zingiber officinale), kemudian diminum airnyakencing mengandung darah (hematuria): 60 gr buah kacapiring & gula batu secukupnya direbus dengan menggunakan air 500 cc sampai tersisa 250 cc kemudian diminum airnyademam disertai mengigau: 30-60 gr akar kacapiring, dicuci dan direbus dengan air 500 cc sampai tersisa 250 cc, setelah dingin lalu airnya diminum.
Efek Samping
Buah,bunga dan daun kacapiring relative aman untuk digunakan sebagai obat. Hanya saja harus berhati-hati mengonsumsi atau mengunakan buah kacapiring ini, karena dapat menyebabkan diare. Umumnya buah kacapiring digunakan dengan dosis 3 – 12 gram per hari.
Demikian yang bisa saya tulis semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 komentar:

  1. Terima kasih informasi tentang manfaat tanaman kacapiring.slamat berkarya buat peneliti tanaman kaca piring.

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikelnya. Saya penggemar bunga kaca piring. Dulu di kampung bapak menanam di kebun sekitar rumah. Sekarang saya tinggal di London. Memulai budidaya ceplok piring

    BalasHapus