Minggu, 05 Maret 2017

CARA MENANAM ANGGUR DALAM POT AGAR CEPAT BERBUAH

Bila Anda hobi bercocok tanam dalam pot, mungkin anda perlu mencoba mencari tahu cara menanam anggur dalam pot agar cepat berbuah. Anggur sendiri merupakan jenis tanaman buah perdu yang merambat yang bisa anda manfaatkan untuk budidaya anggur di halaman rumah, dan tanaman anggur ini bisa tumbuh baik di daerah dataran rendah, terutama yang berlokasi di tepian pantai dengan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan. Selain itu tanaman anggur menghendaki suhu rata-rata maksimal 31 derajat C di siang hari dan rata-rata suhu minimal di malam hari 23 derajat celcius.

Cara Menanam Anggur dalam Pot

Untuk cara menanam anggur dalam pot ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan, yang diantaranya :
  1. Siapkan pot yang dasarnya telah dialasi pecahan batu bata atau genting, kemudian isi media tanam. Buat lubang tanam tepat di tengah-tengah media dalam pot, lalu taruh bibit di dekat lubang tanam dan lepaskan dari polibagnya. Adapun perbandingan komposisi dari media tanamnya ialah tanah 1, pasir 1 dan pupuk kandang 2, yang artinya separo dari media tanam ialah pupuk kandang.
  2. Masukkan bibit anggur pada lubang tanam dan atur sedemikian rupa agar tegak, lalu tutup dengan media tanam di sekitarnya.
  3. Siram dengan air, lalu letakkan pada tempat yang selalu mendapat sinar matahari secara langsung.
 Hasil gambar untuk cara menanam anggur dalam pot supaya cepat berbuah
Detail cara menanam anggur dalam pot sudah, sekarang saatnya anda mengetahui cara menanam anggur agar cepat berbuah. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika budidaya anggur dalam pot, yang diantaranya :

Penyiraman
Setiap sore hari, bibit anggur yang telah ditanam dalam pot harus disiram dengan air, kecuali pada musin hujan, anda tidak perlu menyiraminya, lakukan penyiraman secara hati-hati agar akar tanaman tidak terangkat ke permukaan.

Pemberian Ajir
Sedangkan agar anggur tumbuh lurus, bibit perlu diberi ajir yang bisa berupa kayu atau bambu setebal 1,5cm dengan panjang sekitar 1 m. Ajir ini berfungsi sebagai penyangga bibit sampai tiba waktu pemangkasan yang pertama. Pada awal penanaman, bibit diikat longgar dengan ajir.

Pemasangan penopang
Sebagai tanaman yang tumbuh memanjat, anggur perlu diberikan panjatan. Panjatan anggur ini di tanam dalam pot yang bisa berupa bilah bambu dengan tebal kurang lebih 2 cm dengan panjang sekitar 1,5 m dan lilitan kawat. dimana dalam satu pot diberi tiga atau empat bilah (terserah) yang masing-masing ditancapkan di pinggir pot. Ketiga bilah bambu ini masing-masing dihubungkan dengan kawat. Rangkaian kawat inilah yang nantinya akan dililit oleh sulur-sulur anggur.

Hasil gambar untuk cara menanam anggur dalam pot supaya cepat berbuah

Pemupukan
Lakukan pemupukan dengan urea sebanyak 10g/pohon setiap 10 hari sekali sampai berumur 3 bulan. Selanjutnya, saat anggur berumur 3-6 bulan berikan 15 g/pohon setiap 15 hari sekali. Adapun saat anggur berumur 6-12 bulan berikan pupuk urea sebanyak 50g/pohon setiap 30hari sekali. Namun setelah pohon anggur berumur 4 tahun, pemupukan diberikan setahun sekali menjelang pemangkasan pembuahan.

Pemangkasan
Beberapa hal yang juga patut anda perhatikan dalam menanam buah anggur dalam pot ialah periode berbuah. Bulan maret sampai april biasanya buahnya sedikit, kerena sedang tidak  musim bunga, namun jika bulan juli sampai agustus biasanya buahnya banyak. Untuk pemangkasan anggur cabang tersier tinggalkan 4-10 mata tunas, sedangkan cabang yang dipangkas harus meneteskan air, jika ternyata tidak meneteskan air, tunda dulu pemangkasannya.
Dan jika buah anggur sudah sebesar biji asem, sebaiknya dilakukan penjarangan sebanyak 40-50%. Agar anggur tidak diserang serangga/hama, sebaiknya buah anggur dibungkus dengan kertas atau kantong plastik transparan. Buah anggur sendiri siap dipanen pada 105 sampai 110 hari setelah bunga mekar.

Demikian tadi cara menanam anggur dalam pot agar cepat berbuah yang mudah-mudahan gampang untuk dimengerti, salam berkebun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar