Kamis, 02 Maret 2017

CARA BUDIDAYA BUNGA KRISAN DENGAN GAMPANG DAN MUDAH

 Hasil gambar untuk TANAMAN HIAS krisan
Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Krisan – Tanaman hias bunga krisan adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak dicari oleh pecinta tanaman hias. Bunga ini memiliki keindahan bentuk bunga dan variasi warna yang beragam. Bagi para pecinta bunga tentunya sangat suka dengan jenis bunga yang satu ini karena warnanya cerah dan indah.
Karena bunga ini sangat cantik maka banyak yang ingin membudidayakannya. Tanaman hias bunga ini termasuk jenis tanaman hias yang mudah dibudidayakan. Tanaman bunga krisan merupakan tanaman perdu yang hidup musiman. Di Indonesia, bunga krisan tergolong cukup populer karena sering digunakan untuk penghias atau dekorasi ruang, biasa juga digunakan sebagai bahan pembuatan karangan bunga.
Budidaya bunga krisan bisa dikatakan sangat menjanjikan, karena profitnya yang tergolong tinggi. Setara dengan budidaya tanaman bunga hias lain seperti mawar dan melati. Berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu dan penting untuk diperhatikan jika hendak memulai budidaya bunga krisan.

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Krisan

  • Pemilihan Lahan
Jika anda ingin menghasilkan bunga krisan yang cantik dan ideal, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperhatikan pemilihan lahan untuk ditempati budidaya bunga krisan. Tanaman hias bunga krisan akan mengalami pertumbuhan yang sangat baik jika hidup di tempat yang memiliki suhu antara 20 samoai dengan 26 derajat celcius. Jadi sebelum melakukan budidaya pastikan suhu tempat budidaya terpenuhi.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelembaban udara yang diperlukan untuk budidaya bunga krisan cukup tinggi, utamanya pada masa pembibitan. Kelembaban yang diperlukan antara 90 sampai dengan 95 persen. Tanaman yang satu ini juga dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang memiliki ketinggian 700 hingga 1200 meter di atas permukaan air laut.
  • Persiapan Lahan
Setelah menentukan lahan yang tepat untuk dijadikan tempat yang ideal untuk memulai melakukan budidaya tanaman hias bunga krisan, maka selanjutnya anda harus mempersiapkan lahan dengan cara mengolahnya. Pengolahan bisa dilakukan dengan cara penggemburan tanah dan menambahkan pupuk kandang serta dolomit untuk meningkatkan kesuburan dan menjaga tingkat keasaman tanah. Tanaman krisan akan tumbuh dengan baik jika memperoleh asupan air yang baik, oleh sebab itu pengaturan drainase dan aliran air juga harus diperhatikan dengan seksama.
  • Penanaman Bibit
Setelah ke-2 proses diatas telah dilakukan dengan benar dan tepat maka  langsung masuk ke proses penanaman bibit. Sebelum bibit ditanam, sebaiknya dilakukan pemilihan terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit dengan kualitas yang baik. Bibit yang berkualitas biasanya juga diperoleh dari indukan yang berkualitas pula. Pilih bibit yang sehat dan terbebas dari hama.
Bibit yang bagus adalah bibit yang memiliki akar merata dan setidaknya memiliki 4 sampai dengan 5 daun hijau yang tumbuh. Setelah bibit siap langsung masuk ke proses penanaman. Sebaiknya penanaman dilakukan satu bulan setelah tanah atau lahan dibuat guludan-guludan.
Tanam bunga krisan dengan kerapatan 70 tanaman per meter persegi. Sebelum ditanam sebaiknya tanah dibasahi terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan over irigasi. Setelah semua tanaman selesai ditanam, lakukan perawatan secara rutin untuk menjaga pertumbuhan bunga krisan.
Demikianlah informasi singkat mengenai  Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Krisan Dengan Gampang Dan Mudah, semoga bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar