Kamis, 16 Maret 2017

DITEMUKANNYA SPESIES BARU TUMBUHAN DI DALAM GUA



Kingdom:
(unranked):
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Genus:
Species:
P. cavernicola

Siapa sangka di dalam gua yang gelap bisa hidup tumbuhan berbunga pink. Pakar botani menemukan bunga itu di dalam gua kapur Yangzi di Provinsi Guangxi, China.

Spesies baru itu ditemukan pakar botani yakni Alex Monro dari Inggris dan Wei Yi-Gang serta Chen CJ dari China. Mereka menemukannya saat mengeksplorasi kawasan gua-gua dan bukit kapur di China barat daya. Tumbuhan berbunga pink itu ditemukan di dalam gua yang menerima cahaya kurang dari 3 persen. Sangat gelap! Penemuan ini menunjukkan ada juga tumbuhan yang bisa hidup pada kondisi gua yang lembap dan minim cahaya.

Pakar botani menamai tumbuhan berbunga pink itu dengan nama Pilea cavernicola, yang artinya penghuni gua. Mereka juga menemukan dua spesies Pilea lain selain Pilea cavernicola. Ketiganya termasuk golongan jelatang (nettle), yakni semacam tumbuhan yang bisa menyebabkan rasa gatal jika tersentuh. Penemuan ketiga spesies Pileaitu dipublikasikan pada jurnal PhytoKeys edisi terbaru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar