Kamis, 02 Maret 2017

JENIS-JENIS BUNGA ANGGREK LANGKA DI NUSANTARA YANG HARUS KITA JAGA KELESTARIANNYA

Jenis bunga anggrek langka- Bunga anggrek merupakan tanaman yang memiliki keindahan tersendiri  dibanding jenis tanaman bunga lain karena memiliki berbagai macam jenis yang paling banyak, jenisnya tersebar luas di daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, ada 4 jenis anggrek berdasarkan tempat tumbuhnya yaitu anggrek epifit adalah anggrek yang hidup menempel pada pohon yang menjadi inang tanpa merugikan inangnya, anggrek lithophytes adalah anggrek yang hidup pada batu-batuan, anggrek saprophyte adalah anggrek yang hidup pada humus dan daun kering, dan anggrek terrestrial  adalah anggrek yang hidup di tanah, namun jenis aslinya kebanyakan adalah anggrek epifit yang berasal dari daerah tropika, anggrek dapat hidup pada udara lembab dan dari embun.

Hasil gambar untuk bunga anggrek yang indah
Bunga anggrek yang khas menjadi pembeda di antara jenis suku bunga lain, bunga anggrek tersusun majemuk  yang muncul dari tangkai bunga yang memanjang dari ketiak daun bunganya memiliki bentuk simetri bilateral, bunga anggrek banyak dikenal sebagai tanaman hias yang sangat populer karena keindahan bunganya memiliki varian yang tidak terbatas di indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi yang tersebar dari wilayah sumatera hingga papua anggrek dapat ditemui yang hidup pada pohon atau epifit salah satu bunga anggrek yang menjadi bunga bangsa indonesia adalah anggrek bulan.


Berikut bunga anggrek langka yang tersebar di Indonesia maupun diseluruh dunia;

Anggrek Tebu
Hasil gambar untuk anggrek tebu 
Anggrek tebu yang mempunyai nama grammatophyllum ini merupakan bunga anggrek yang paling besar dan terberat di antara jenis bunga anggrek, dalam satu rumpun anggrek tebu yang sudah dewasa beratnya bisa sampai 1 ton dan mempunyai panjang hingga 3 meter itulah sebabnya dinamakan anggrek terbesar dan terberat sebagai anggrek raksasa, mempunyai ciri utama berukuran besar, dapat tumbuh hingga 3 meter, memiliki batang seperti tebu yang terkenal dengan anggrek tebu.

Anggrek Bulan
Hasil gambar untuk Anggrek Bulan
Merupakan bunga nasional berbarengan dengan bunga melati dan padma raksasa, anggrek bulan tersebar luas di wilayah indonesia, filipina, ,malaysia dan papua, anggrek bulan hidup secara epifit menempel pada batang pohon maupun cabang yang terdapat di hutan yang subur di kawasan 600 meter di atas permukaan laut, ciri utama bunga anggrek bulan menyukai sedikit cahaya matahari, memiliki daun berwarna hijau dan memanjang, mempunyai sedikit keharuman dan waktu mekar bisa sangat lama.


Anggrek Hartinah
Hasil gambar untuk Anggrek Hartinah 
Dikenal juga dengan anggrek Tien Suharto merupakan tanaman anggrek yang hanya tumbuh di daerah tertentu saja seperti daerah sumatra, merupakan jenis anggrek tanah yang merumpun dalam pertumbuhannya di temukan pada tahun 1976, anggrek hartinah memiliki ciri tumbuh di tanah yang menyukai tempat terbuka di antara rerumputan dan tumbuhan paku-pakuan, memiliki daun yang berbentuk pita meruncing dan bunga berbentuk bintang dengan tekstur  yang  tebal yang mempunyai warna kuning pada bagian tepinya.

Anggrek Kantung Kolopaking
Gambar terkait 
Merupakan jenis bunga anggrek yang hidup secara endemik dan juga sangat langka diketumukan, yang terdapat di wilayah kalimantan tengah, bunga ini biasanya hidup di bebatuan yang berlumut di tepi daerah yang berair pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, memliki ciri daun berwarna hijau tua, berbentuk pita dengan ujung membulat, bunganya berukuran 8-16 cm dengan kelopak putih yang memiliki garis coklat tua pada uratnya.

Anggrek Struberi
Hasil gambar untuk Anggrek struberi 
Merupakan bunga anggrek yang hidup di papua maupun papua nugini, yang tumbuh secara epifit  di daerah lembab dan membutuhkan banyak cahaya, bisa ditemukan  antara rawa-rawa dan aliran sungai, memiliki ciri ukuran yang besar, mempunyai banyak variasi warna antara merah, kuning, hijau dengan degradasi warna, bunga anggrek ini memang sangat indah termasuk juga anggrek langka, maka perlu di lestarikan di bumi nusantara ini.
Keindahan bunga anggrek memang luar biasa tidak bisa dijelasakan secara menyeluruh karena banyaknya jenis anggrek  yang ada. Sedikit penjelasan tentang jenis  anggrek langka semoga jadi wawasan yang beermanfaat bagi semua.



Anggrek Hitam
Hasil gambar untuk Anggrek hitam 
Tidak seperti jenis anggrek pada umumnya, si mahkota hitam Papua ini begitu susah untuk ditemui. Bukan hal yang mustahil sebenarnya, tapi untuk bisa berjumpa dengan bunga ini kita harus menjelajahi kedalaman hutan Papua karena habitatnya memang di situ. Itu pun nggak selalu berhasil, karena jumlah anggrek hitam sendiri sangat terbatas. 

Itulah sekilas tentang bunga anggrek langka yang perlu kita ketahui dan kita jaga kelestariannya.

1 komentar:

  1. Terima kasih ya infonya. Saya lagi cari Florist Jakarta yang jual bunga yang bagus-bagus. Tapi saya juga mesti tau sedikit cara menanam atau merawat bunga yang baik. Lewat artikel ini saya jadi ada gambaran. Makasih ya. Ditunggu update selanjutnya.

    BalasHapus