Minggu, 05 Maret 2017

TANAMAN HIAS AGLAONEMA TERPOPULER

Aglaonema merupakan tanaman hias daun dari jenis suku talas-talasan, aglaonema mimiliki sekitar 30 spesies. Tanaman ini tumbuh baik pada areal dengan kelembaban tinggi seperti di dalam hutan tropis. Tanaman hias ini mulai popular di Indonesia pada tahun 2004 silam. Warnanya yang beragam membuat tanaman ini mempunyai penggemar tersendiri, banyak kolektor tanaman yang memajang tanaman jenis ini di dalam rumahnya. 

Perawatan tanaman jenis ini sangatlah mudah, yang harus di perhatikan adalah penyiraman yang di lakukan 3x sehari, mengingat tanaman ini membutuhkan kelembaban tinggi untuk tumbuh, bila di letakkan di dalam rumah jangan lupa untuk membawa ke luar ruangan agar disinari matahari minimal 2 hari sekali.

Jenis aglaonema sangat beragam, perbedaan yang bisa di lihat dari semua jenis aglaonema ialah terlihat dari pola corak warna daunya. Diantaranya yang paling popular adalah  :

Aglaonema Commutatum
Gambar terkait
Jenis aglaomena ini sangat mudah dijumpai, bahkan banyak tumbuh liar di kebun-kebun warga. Ciri-ciri dari aglaonema ini adalah ukuran daunnya sekitar 5 cm dengan panjang 16-20 cm, daunnya berwarna putih bercampur dengan hijau yang tidak beraturan.


Aglaonema Costatum
 Hasil gambar untuk tanaman hias Aglaonema Costatum
Jenis aglaonema ini memiliki daun yang berwarna hijau gelap dengan garis di bagian batang daun dan bercak putih yang tidak beraturan, daun aglaonema ini memiliki ukuran sekitar 5-8 cm.


Aglaonema Tiara
Hasil gambar untuk tanaman hias Aglaonema Tiara
Tanaman aglaonema jenis ini memiliki ciri-ciri daun yang berwarna merah yang dominan serta bercampur dengan warna hijau. Aglaonema jenis ini biasanya harganya sedikit lebih mahal dari jenis aglaonema jenis yang lain.


Aglaonema Red Krakatau
Hasil gambar untuk tanaman hias Aglaonema Red Krakatau
Tanaman aglaonema jenis ini hampir sama dengan jenis tiara tetapi warna merah tidak terlalu terang dengan corak merah yang tidak beraturan. Daun jenis ini memiliki daun yang cukup lebar dan biasanya jumlah daunya hanya sedikit.


Aglaonema Stardust
 Hasil gambar untuk tanaman hias Aglaonema Stardust
Tanaman aglaonema jenis ini memiliki ciri-ciri warna merah yang bercampur dengan hijau dengan warna merah yang dominan. Tekstur daun ini lumayan tebal dengan bentuk oval lebar sekitar 5-7cm.

Cara merawat tanaman ini sangat mudah
Untuk media tanam bisa di campur antara sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, lakukan penyiraman minimal 2x sehari agar tanaman ini sehat dan subur. Untuk memunculkan warna agar mengkilap tanaman ini perlu di letakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tentu saja berikan suplemen tanaman yang banyak dijual di toko tanaman.

Apabila anda ingin membudidayakan tanaman aglaonema caranya cukup mudah, anda hanya perlu memotong batang yang sudah tua kemudian tancapkan di dalam pot dengan media tanam yang sudah saya sebutkan diatas, simpan di tempat yang teduh dan tunggu sampai tumbuh akar. Jangan lupa membungkus pangkal batang yang kita potong tadi dengan plastic agar tidak membusuk bila terkena air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar